Berita Salingka Kampus


Milad ke-55, FTK Adakan Kuliah Umum PPG

Salingka Kampus | Selasa, 09/10/2018 20:16 WIB | Neni Cahnia

(FTK) adakan Kuliah Umum dengan tema Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Suarakampus.com- Dalam rangka Milad ke-55, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) adakan Kuliah Umum dengan tema Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Implikasinya terhadap Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Selasa (09/10)

 

Dekan FTK Zulheldi mengatakan, PPG adalah sebuah kemestian zaman ini, setiap orang yang ingin menjadi guru harus melalui PPG dan telah berlaku pada 2016, meski pelaksanaanya di setiap PTKIN di Indonesia belum maksimal. “Jadi dalam rangka menyongsong pelaksanaan PPG, kita cari ide bagaimana mendirikan PPG ini agar nanti FTK bisa mencetak guru sesuai dengan UU No.14 tahun 2005 yaitu calon guru yang sudah menerima sertifikasi PPG,” ujarnya saat diwawancarai oleh suarakampus.com usai acara.

 

“Kita berharap PPG bisa terlaksana sebagaimana mestinya, jika kita tidak punya PPG kemana sarjana Tarbiyah akan bekerja? Saat ini FTK akan membentuk tim untuk mengusulkan pembukaan Prodi PPG ke Kementerian Agama,” katanya.

 

Abdul Rozak selaku pemateri dan Dosen FTK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengatakan, PPG bertujuan menghasilkan calon guru yang berkompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, serta menilai pembelajaran. “Tidak hanya itu, calon guru harus mampu melakukan penelitian dan mengembangkan profesionalitas dengan berkelanjutan,” tegasnya.

 

Rozak melanjutkan, sertifikasi guru sudah ada dari tahun 2007 dan sertifikasi guru PPG ada dari tahun 2016. “Untuk mendapatkan sertifikat pendidik itu adalah kewajiban untuk kelengkapan dokumen menjadi guru, maka bagi siapapun yang ingin jadi guru sesuai dengan bidangnya maka harus punya sertifikasi pendidik yang dihasilkan dari PPG baik itu dalam jabatan bagi mereka yang telah menjadi guru atau pra jabatan bagi calon guru,” kata Rozak.

 

Senada dengan Zulhendi, “Semoga PPG ini terlaksana sebagaimana mestinya karena ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan kita semua,” harapnya. (Rri)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: