Berita Salingka Kampus


Abdul Rozak: Sarjana Akan dihadapkan dengan Tantangan Sekaligus Peluang

Salingka Kampus | Selasa, 09/10/2018 20:54 WIB | Neni Cahnia

Abdul Rozak memberikan materi penyiapan guru professional dan implikasinya

Suarakampus.com- Abdul Rozak, Pemateri Kuliah Umum PPG memberikan materi terkait Penyiapan Guru Professional dan Implikasinya terhadap Revitalisasi LPTK memasuki Era Revolusi ke-4.0. Ia mengatakan, seorang guru harus mahir, Selasa (09/10).

 

Selaku Dosen FTK UIN Syahid Jakarta sekaligus Tim Assessor Sertifikasi Guru, Rozak mengatakan, seorang guru harus tahu karakteristik peserta didik, hal ini termasuk Kompetesi Pendagogik. “Ciri generasi Z, mereka cenderung bekerja individual, mereka senang bekerja dengan internet dan ingin cepat. Hal-hal ini harus dipahami oleh guru agar proses pembelajaran berjalan sesuai interaktif dan baik,” tegasnya.

 

Ia mengatakan, guru-guru mahir zaman sekarang harus mengikuti diklat-diklat, pemuktahiran pengetahuan, dan pelatihan agar bisa mengikuti kebutuhan peserta didik generasi Z. “Kalau mereka tidak paham dengan Informasi Teknologi (IT), maka mereka harus diklat IT. Begitu juga dengan yang lainnya,” kata Rozak.

 

Era Revolusi Industri 4.0 melahirkan beberapa karya inovasi dalam Bidang Teknologi terutama Teknologi Digital, seperti robotic dan teknologi-teknologi yang mengarah pada kecerdasan buatan. “Maka dari itu dalam dunia pendidikan, pendidik harus mengerti dan tahu apa yang dimaksud dengan Era Revolusi Industri 4.0, hal ini bertujuan agar pendidik bisa mensurvei, menarik dan diterima oleh siswa yang memang hidup di Era Revolusi 4.0 itu,” jelasnya.

 

Selain itu Rozak menyampaikan, sarjana pendidikan saat ini dihadapkan pada suatu tantangan sekaligus peluang. Tantangan harus dijawab dan peluang harus segera di penuhi. “Untuk bisa itu tidak ada jalan lain, guru harus memperkuat diri dengan sejumlah pengetahuan, keterampilan dan keahlian lain yang seiring dan sejalan sesuai kebutuhan  era revolusi 4.0 atau sering dikenal generasi Z,”

 

“Saya berharap semoga dengan ini terbangun kesadaran kita, karena kita hidup di Era Revolusi Industri 4.0,” harapnya, (Rri).



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: