Berita Salingka Kampus


Ijazah Tak Terdaftar di Forlap Dikti, Alumni Terhambat Daftar CPNS

Salingka Kampus | Jumat, 12/10/2018 16:58 WIB | Silvina

 Ijazah wisuda ke-80 UIN Imam Bonjol (IB) tidak terdaftar pada  Forum Laporan Pe

Suarakampus.com- Ijazah wisuda ke-80 UIN Imam Bonjol (IB) tidak terdaftar pada  Forum Laporan Perguruan Tinggi (Forlap Dikti) pada seluruh kementerian di Indonesia. Hal ini menjadi faktor penghambat alumni untuk mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.


Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Hetti Waluaty membenarkan bahwa ijazah dan curriculum vitae untuk wisudawan/wati ke-80 belum terdaftar. “Hal tersebut tidak hanya UIN IB saja, tapi juga terjadi pada universitas lainnya,” katanya, Jumat (12/10).


Hetti menyebutkan pihak kampus melaporkan masalah ini kepada Direktoral jendral (Ditjen). Namun, belum ada tindak lanjutnya meskipun  Ditjen sudah lakukan sosialisasi pada kementerian lain. “Kami masih menunggu hasil sosialisasi dari Ditjen,” ucapnya.


“Saat ini dekan seluruh civitas sedang proses pengumpulan data, nilai, dan menghitung  Satuan Kredit Semestern (SKS) mahasiswa supaya terdaftar di Forlap Dikti,” tambah dia saat ditemui diruangannya.


Mengenai pendaftaran CPNS, ia melanjutkan alumni saat ini hanya bisa mendaftar ke Kementerian Agama (Kemenag) saja. “Kemenag tidak mempersoalkan tentang ijazah yang tidak terdaftar di Forlap Dikti,” terangnya.


Hetti berharap, Semoga ijazah cepat terdaftar untuk kemajuan kampus nantinya. “Saya rasa pelayanan di UIN IB harus ditingkatkan agar tidak ada permasalahan seperti ini,” tuturnuya.


Seorang Alumni Tadris Fisika Novi, mengaku kecewa dan belum mengetahui hal ini, sebab ijazah sudah keluar dan merencanakana mengurus menyelesaikan persyaratan CPNS sebelum ditutup. “Penutupan tidak lama lagi, namun jika dipaksakan untuk mendaftar pilihannya hanya di Kemenag saja,” ucapnya.


Novi berharap semoga secepatnya ijazah bisa terdaftar di Forlap Dikti secepatnya agar bisa mendaftar ke kemterian lain. “Saya berharap pelayanan pihak kampus harus lebih cepat lagi dan terstruktur agar hak mahasiswa dan alumni tertunaikan,” harapnya. (Pud)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait