Berita Salingka Kampus


Penerima Beasiswa Baznas Diharapkan Jadi Duta Zakat

Baznas Sumbar Berikan Zakat kepada 104 Mahasiswa UIN IB

Salingka Kampus | Kamis, 01/11/2018 12:08 WIB | Yolla (Mg), Siti Maulinawati (Mg) Elfina (Mg)

Penerima Beasiswa Baznas Diharapkan Jadi Duta Zakat

Suarakampus.com- Melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) UIN Imam Bonjol Padang, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Barat menyerahkan beasiswa kepada 1O4 mahasiswa. Penyerahan dilakukan secara simbolik di Aula Manshur Dt. Nagari Basa, Rabu (31/10), kemarin.


Acara dibuka oleh ketua UPZ UIN Imam Bonjol Padang Aditya Warman. Hadir dalam acara ini, Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat Syamsul Bahri Khatib dan Koordinator UPZ per fakultas.


Ketua Baznas Sumatera Barat, Syamsul Bahri Khatib mengatakan penyerahan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Biasanya penyerahan diserahkan kepada pihak fakultas. Sekarang penyerahan dilakukan dengan bertemu langsung dengan penerimanya.


“Kali ini kami mengadakan acara silaturrahmi antara Baznas dan Mustahik Zakat di lingkup UIN IB,” katanya. Ia berharap mahasiswa yang menjadi penerima beasiswa baznas bisa menjadi duta zakat yang mampu menyadarkan masyarakat agar leibh giat lagi dalam berzakat.


Sementara, Ketua UPZ UIN IB, Aditya Warman mengatakan beasiswa ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam belajar dan memenuhi kebutuhan akademik. “Setiap mahasiswa akan menerima sebesar Rp 2 juta,” katanya.


Rahmawati, selaku bendahara UPZ UIN mengatakan penerima Baznas tahap satu berjumlah 103 Mahasiswa Prodi S1 dari perwakilan seluruh Fakultas, dan satu Mahasiswa Pasca Sarjana dengan jumlah uang Rp.3 juta. Beasiswa ini diberikan per semester kepada mahasiswa yang termasuk asnaf  yang delapan dalam Islam, seperti  fakir miskin, mahasiswa fi sabilillah yang menjadi garin masjid.


Penyerahan beasiswa ini sudah melewati beberapa proses diantaranya melengkapi  persyaratan seperti, Kartu Tanda Mahasiswa, transkrip nilai, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan, IPK minimal 3.00.


“Saya berharap mahasiswa bisa menggunakannya untuk kepentingan sebagai mahasiswa karena beasiswa ini merupakan zakat yang diberikan pegawai dan umat,” harapnya. (Sdq)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: