Berita Salingka Kampus


Isi Seminar, Badul Ajak Milenial Agar Cerdas Bermedia

Salingka Kampus | Sabtu, 01/12/2018 17:02 WIB | Elfina (Mg)

peserta seminar sedang mendengarkan pemateri menyampaikan isi seminarnya

 Suarakampus.com- Abdullah Khusairi, Pemateri pada seminar nasional yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) komisariat Ushuluddin dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang pada Sabtu (01/12), mengajak peserta untuk lebih cerdas dalam bermedia.

 

“Masyarakat harus cerdas bermedia khususnya media sosial, agar informasi yang bersangkutan dengan propaganda dan radikalisme dapat dibuang,” tutur pria yang akrab disapa Badul ini.

 

Badul juga mengungkapkan bahwa di era milenial ini masyarakat telah dijajah oleh kebohongan media sosial. Ini terjadi karena kurangnya mengklarifikasi suatu informasi atau berita. "Klarifikasi yang kurang dilakukan oleh masyarakat dapat membawa dampak buruk akan informasi yang tersebar," tuturnya.

 

Menurut pegiat literasi ini, informasi yang belum jelas kebenarannya didasari dengan kepentingan oknum yang tidak bertanggung jawab, supaya masyarakat mudah terpropaganda. "Kepentingan politik dan ekonomi, serta kebencian akan sesuatu hal menjadi dasar utama timbulnya hoax," ungkap Badul.

 

"Literasi media merupakan sebuah gerakan untuk mempertanyakan siapa dan apa sumber suatu informasi, dengan literasi media, masyarakat akan mudah mengetahui suatu informasi itu salah atau benarnya,” terangnya. (Laa)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait