Berita Salingka Kampus


Mencari Arah Kiblat, Mahasiswa Jurusan PM Adakan Praktik Lapangan

Salingka Kampus | Sabtu, 01/12/2018 21:46 WIB | Ahmad Fernanda (Mg)

Suarakampus.com- Mahasiswa/i Jurusan Perbandingan Mazhab (PM) Lokal A angkatan 2017 Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang gelar praktik lapangan dalam rangka pemahaman materi Mata Kuliah Ilmu Falak tentang Tata Cara Mencari Arah Kiblat dengan media matahari. Kegiatan dilaksanakan di depan Gedung Utama Fakultas Syariah, Sabtu (01/12).

 

Rudi Hartono selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Ilmu Falak mengungkapkan, praktik bertujuan untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa/i tentang tata cara menentukan arah kiblat baik di masjid atau mushalla dengan alat seadanya. “ Banyak keuntungan bagi mahasiswa dengan ini, nantinya mereka bisa membantu masyarakat dalam menentukan arah kiblat dengan ilmu yang telah mereka punya,”  paparnya.

 

Ia melanjutkan, dalam mempelajari Ilmu Falak ini tidak ada kesulitan yang akan didapatkan oleh mahasiswa/i jika bersedia untuk serius belajar. “Jika mahasiswa serius belajar dan mengikuti peraktik lapangan dengan baik, maka tidak akan ada kesulitan dalam memahaminya,” tuturnya.

 

Rudi berharap agar mahasiswa tidak hanya mampu dari segi teori saja, namun juga bisa mempraktikkannya, “Ketika telah bisa menguasai konsep, mahasiswa juga harus mampu mempraktikkannya,” tegasnya.

 

Parmadi selaku mahasiswa jurusan PM lokal A mengatakan, praktik ini  memberikan dampak positif bagi mahasiswa khususnya di Fakultas Syariah untuk bisa mengetahui tata cara mencari arah kiblat dengan alat yang ada. ”Saya berharap dengan adanya kegiatan praktik ini, mahasiswa dapat mengetahui arah kiblat dengan ilmunya dan bisa membantu masyarakat nantinya,” tutupnya, (Rri).



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait