Berita Kota Padang


Peringati Hari AIDS, Yayasan Taratak Jiwa Hati Adakan Sosialisasi

Kota Padang | Sabtu, 01/12/2018 23:11 WIB | Rafika Ridha Izzati

pemateri yayasan taratak jiwa hati sedang mensosialisasikan dalam peringatan har

Suarakampus.com- Peringati Hari Aquired Imune Deficiency Syndrome (AIDS) sedunia, Yayasan Taratak Jiwa Hati Kota Padang Bekerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat adakan sosialisasi. Kegiatan berlangsung selama dua hari (01-02/12) di Tugu Merpati Perdamaian Kota Padang.

 

Perwakilan Pimpinan Yayasan Taratak Jiwa Hati, Anton mengatakan, sosialisasi dengan tema Saya Berani Saya Sehat ini merupakan wujud kepedulian terhadap mereka yang terinfeksi Human Immuno Virus (HIV) dan AIDS. “Kami tidak akan pernah bosan mengingatkan dan berusaha menghilangkan stigma dan mindseat masyarakat tentang HIV/AIDS,” tuturnya.

 

Ia mengatakan, kebanyakan masyarakat masih menganggap bahwa orang yang terinfeksi positif HIV dan AIDS perlu dijauhi dan diasingkan. “Hari ini kami akan membuktikan, bahwa mereka yang terinfeksi masih bisa beraktifitas, berkumpul dengan kita bersama dan menjalani kehidupan seperti biasanya,” kata Anton, Sabtu (01/12).

 

Pemateri Sosialisasi Hari AIDS sedunia, Devi dan Lova mengatakan, HIV tidaklah menular melalui hubungan sosial, bersalaman, menggunakan wc yang sama, tinggal serumah, sentuhan dan lainnya. “Agar terhindar HIV/AIDS, maka hindarilah pergaulan bebas, pemakaian jarum suntik bekas orang lain, dan menerima transfusi darah yang tak jelas asalnya,” tutur keduanya.

 

Devi dan Lova menambahkan, seseorang yang terinfeksi HIV/AIDS awalnya tidak memperlihatkan gejala khusus, namun seiring waktu mereka akan merasakan penyakit ringan yang berulang-ulang seperti flu dan diare berkelanjutan. “Tiga sampai empat tahun pertama belum tampak gejala secara jelas pada mereka, setelah lama akan mulai timbul gejala seperti penurunan berat badan secara mendadak,” katanya.

 

X seorang terinfeksi HIV Positif mengaku sudah terinfeksi dari lima tahun yang lalu namun sampai saat sekarang masih bisa menjalankan aktifitas dengan baik meskipun harus menjalani pengobatan secara rutin. “Saya akan terus berobat, jangan jauhi kami karena ini, tolong doakan kami,” pintanya. (Laa)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait