Berita Kota Padang


Urutan Perguruan Tinggi dengan Keterbukaan Informasi Terbaik di Sumbar

Kota Padang | Selasa, 11/12/2018 18:53 WIB | Fitrah Al Sidiq

GANEFRI

Suarakampus.com- Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat gelar acara Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Sumatera Barat Tahun 2018 di Kyriad Bumiminang Hotel, Kota Padang, Selasa (11/12) siang. Dari acara tersebut, Komisi Informasi Sumbar mengumumkan badan-badan publik terbaik berdasarkan kategori masing-masingnya.


Ada 10 kategori yang ditetapkan Komisi Informasi, diantaranya, kategori Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta se-Sumatera Barat (Sumbar), BUMN/ BUMD Sumbar, Kabupaten/ Kota di Sumbar, KPU se-Sumbar, Desa/ Nagari se- Sumbar, Bawaslu se-Sumbar, OPD selingkup Provinsi Sumbar, SMA sederajat se-Sumbar, Instansi Vertikal selingkup Sumbar, dan Partai Politik di Sumbar.


Universitas Negeri Padang (UNP) mendapat Perguruan Tinggi Negeri/ Swasta terbaik satu. Terbaik dua diterima oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang. Sementara, terbaik tiga diberikan kepada Politeknik Negeri Padang. “Soal transparansi informasi, sesuai dengan penilaian Komisi Informasi Pusat beberapa waktu lalu, UNP juga merupakan PTN/ PTS terbaik satu tingkat nasional,” kata Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat Syamsu Rizal.


Sementara itu, tambah Syamsu, pada posisi keempat diterima oleh STKIP PGRI Padang. Kelima, diterima oleh Universitas Andalas. Keenam diterima oleh IAIN Bukittinggi. Untuk peringkat ketujuh diperoleh oleh UPI Padang. “Kita berharap ke depannya, seluruh Perguruan Tinggi lebih berpartisipasi karena untuk kategori PTN/ PTS jumlah pengembalian kuisioner sangat jauh dari harapan,” katanya.


Syamsu menjelaskan, sebelumnya Komisi Informasi melakukan beberapa penilaian seperti mendistribusikan kuisioner, memverifikasi website/ portal masing-masing instansi, dan visitasi badan publik dengan langsung mendatangi badan-badan publik tersebut. “Sekarang kita memberikan kuisioner kepada 524 badan publik lalu hanya 209 badan publik yang mengisi dan mengembalikan kuisioner tersebut, jumlah ini jauh dari harapan,” katanya.


Acara ini merupakan acara yang keempat kalinya setelah Komisi Informasi Sumbar dibentuk. Penganugerahan merupakan bagian dari realisasi dari UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain itu, penganugerahan bertujuan memberikan semangat kepada instansi publik untuk lebih meningkatkan transparansi informasi kepada masyarakat umum.


Hadir dalam acara ini Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu Kemendes PDTT RI Aisyah Gamawati, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Hendra J Kede, dan badan publik lainnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: