Berita Salingka Kampus


Kajur PBA: Adab Menuntut Ilmu Dimulai dengan Niat dan Tekad

Salingka Kampus | Jumat, 14/12/2018 19:11 WIB | Elfina (Mg) Noura (Mg)

mahasiswa sedang mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh Kajur PBA

Suarakampus.com- Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Imam Bonjol Padang, Rahmawati mengatakan, menuntut ilmu harus dimulai dengan niat yang ikhlas dan tekad yang kuat. Hal ini dikatakan saat mengisi materi pada kegiatan  Forum Kajian Islam (FKI) Khairu Ummah.

 

Berpanduan pada seorang perawi hadist Imam Ahmad, Rahmawati menyampaikan pentingnya niat untuk memulai menuntut ilmu. “Ilmu tidak ada bandingannya apabila niatnya baik,” kata dia saat menyampaikan materi di Aula Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Imam Bonjol Padang, Jumat (14/12).

 

Ia menambahkan,  bahwa ilmu yang telah didapat harus diamalkan. Menurutnya seseorang sama halnya dengan keledai yang berputar dengan perut terurai di neraka apabila ilmunya tidak diamalkan.

 

Selain itu, seseorang yang berilmu harus menjaga syariat dan hukum islam yang mencerminkan akhlak mulia. “Orang yang berilmu itu dermawan, wara’ dan harus menjaga harga diri hingga pandai menahan amarah,” ucap Rahmawati yang juga seorang pembina FKI itu.

 

Diakhir materinya ia memaparkan dalam menuntut ilmu harus menjauhi maksiat, merasa takut pada Allah, dan  tidak memelihara sifat sombong. “Sombong itu mengantarkan manusia pada sifat malas dan menyebabkan kerugian untuk diri sendiri,” paparnya.

 

Salah satu peserta Mardiana Wilis mengatakan banyak pengetahuan ketika mengikuti yan diadakan oleh Forum Kajian itu. Sebagai seorang mahasiswa, materi yang disampaikan dapat membantunya dalam menuntut ilmu dengan baik.

 

“Saya sangat beruntung dapat menjadi bagian dari kegiatan ini, dan tidak sabar untuk mengikuti  materi pada minggu selanjutnya,” tutup Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam itu.(Pud)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: