Berita Salingka Kampus


Tifatul Ajarkan "POWER"

Kuliah Umum Bersama MENKOMINFO

Salingka Kampus | Sabtu, 10/03/2012 11:30 WIB | Nur Khairat

SuaraKampus.com-"Melalui Dakwah dan Komunikasi Kita Wujudkan Sarjana yang Islami, Professional dan Komunikatif", tema inilah yang yang diangkat pada kuliah umum bersama Ir. H. Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informatika (MENKOMINFO) RI yang berlangsung di Gedung Serbaguna IAIN IB Padang, Jum’at (9/03).

 

Kuliah umum ini sebagai bentuk kuliah pembuka pada tahun akademik 2011/2012.   Banyak hal yang disampaikan oleh Menteri berdarah Minang ini. Di antaranya mengenai Teori komunikasi yang disebut dengan POWER (Punch, One tema, Window, dan Resume).

 

Tifatul menjelaskan, pada delapan detik awal, seorang dai harus bisa memberi pukulan (Punch). Pukulan yang dimaksud bisa berupa puisi, pantun dan lainnya yang sifatnya membuat audien tertarik untuk selalu memperhatikan. Yang ke dua, dai harus fokus pada satu tema (one thema). Paling banyak, dai hanya boleh menyampaikan tiga tema. Yang ketiga, dalam cerama, dai harus bisa memberi jendela (window). Jendela yang dimaksud adalah ilustrasi. Ini bisa dengan penyampaian kisah yang berkaitan dengan materi. Dan yang terakhir kesimpulan (resume). Dai harus bisa memberi kesimpulan dalam bentuk poin yang padat dan jelas.

 

Melihat perkembangan tekhnologi sekarang, "Seorang mahasiswa itu juga harus pandai dalam memanfaatkan media komunikasi sebagai media dakwah. Saat ini pengguna facebok itu sudah mencapai 49 juta orang sedangkan untuk twitter itu juga sudah mencapai 10 juta orang, ini adalah angka yang sangat besar apabila benar-benar bisa dimanfaatkan sebagai media dalam berdakwah,” tutur Tifatul.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait