Berita Salingka Kampus


Rektor UIN IB: Siapa Tahu Nanti Dapat Akreditasi A

Salingka Kampus | Rabu, 20/02/2019 22:28 WIB | Neni, Rindo (Mg)

 Rektor UIN IB: Siapa Tahu Nanti Dapat Akreditasi A

Suarakampus.com- Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan lakukan surveillance ke UIN Imam Bonjol (IB) Padang untuk peralihan akreditasi B ke A pada 21 hingga 23 Februari 2019 di Gedung Rektorat, Selasa (20/02).

 

Tim asesor terdiri dari 4 orang diantaranya Sugeng Listyo Prabowo dari UIN Maulana Malik Ibrahim, Ernawulan Syaodih dari UPI, Abdul Rohman dari Universitas Diponegoro dan Syaifan dari UIN Sunan Kalijaga.

 

Rektor UIN IB Eka Putra Wirman menyatakan siap untuk menyambut tim asesor yang akan datang esok pagi dengan segala dokumen-dokumen yang telah rampung untuk dipresentasikan.

 

Lanjutnya, akreditasi bukanlah tujuan, tapi akreditasi adalah bukti bahwa kita sudah semakin baik. Jadi dengan adanya kegiatan seperti ini layanan kita akan semakin bagus pada setiap folder dalam masyarakat dan mahasiswa.

 

“Persoalan saat ini untuk mencapai nilai A dari nilai B itu apakah mungkin kita belum tahu, Karena jumlah prodi kita hanya 4 yang nilainya A. Biasanya 50 %  nilai A baru bisa mendukung, walau begitu kita siapkan semaksimal mungkin siapa tahu nanti dapat juga akreditasi A,” harapnya.

 

Selain itu, Wakil Rektor I  Bidang Akademik dan Kelembagaan Hetty Waluati Triana mengatakan, habisnya akreditasi UIN IB pada tahun 2020 mendatang dari  reakreditasi 2015 lalu. Biasanya  BAN-PT akan memberikan waktu 6 bulan untuk pengusulan kembali akreditasi. “Tapi kita ingin  mempercepatnya untuk menambah pelayanan yang lebih baik lagi, juga menghindari dikejar deadline,” ujarnya.


Hetty menambahkan, walau jumlah nilai A akreditasi prodi tidak mencapai kriteria. Namun reakreditasi akan dilakukan. “Penilaian bukan hanya dari nilai akreditasi prodi namun juga dari segi sistem dan pembagunan UIN ini yang kita lihat telah banyak mengalami perubahan. Tentunya kita optimis atas target yang akan dicapai,” tuturnya.

 

Fira Syafira mahasiswa Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam mengatakan, sangat apresiasi dengan adanya asesmen lapangan yang dilakukan oleh Tim asesor.“Dengan adanya perubahan-perubahan yang ada di UIN ini seperti dilihat dari sistem administrasi dan pembangunannya yang semakin menunjukkan bahwa UIN telah mengalami peningkatan saya berharap hendaknya dari hasil tim asesor nanti UIN IB mendapat akreditasi dengan nilai A,” tutupnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait