Berita Salingka Kampus


SMF Syariah Dilantik DEMA

Salingka Kampus | Selasa, 13/03/2012 13:04 WIB | Dosfrianto

 SuaraKampus.com-Untuk pertama kalinya, Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) Syari'ah dilantik oleh Dewan Mahasiswa (DEMA). Pelantikan ini berlagsung di Gedung I Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang, senin (12/03).

 

Hal ini dibenarkan Dr. Nelamawarni, “Kalau biasanya senat dilantik oleh Dekan, namun kali ini senat mahasiswa jurusan dilantik oleh DEMA dan juga akan begitu untuk seterusnya," ujar PD III Fakultas Syariah ini.

 

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Pelantikan Pengurus Senat Mahasiswa Fakultas Syariah Terlahirlah Kepengurusan yang Solid dan Responsif” ini dihadiri oleh Pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan Prof. Dr. H. Asasriwarni, SH, MH. Dalam sambutannya, Purek III menyampaikan, “Dalam mengayomi organisasi ini, di samping Pembantu Dekan (PD) III, Dekan juga akan diorganisir melalui dosen yang pada akhirnya organisasi ini memiliki jenjang kepengurusan yang teratur," ujarnya.

 

Guru besar fakultas syari;ah ini juga menambahkan, "Diharapkan pada senat baru ini saat akan diwisuda nanti agar menjadi bintang organisasi, aktivis dan nilai memuaskan. Karena dalam diri mahasiswa itu harus ada Man of Organisis (tepat waktu dalam menyelesaikan tugasnya terutama menyangkut kuliah.red) dan Man of Pabliting (berguna dimanapun dia berada.red).

 

Pada akhir sambutannya, Asasriwarni mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus senat yang baru, seayun selangkah antara pengurus senat mahasiswa dengan pemimpin.

 

Saat diwawancarai, pembantu Dekan III Fakultas Syariah Dr. Nelamawarni  mengungkapkan harapannya untuk kepengurusan Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) yang baru dilantik agar mampu memperjuangkan aspirasi mahasiswa syariah.

 

Ketika ditanya tentang kepengurusan senat mahasiswa Fakultas Syariah sebelumnya, Nelamawarni mengatakan, "Program kerjanya tidak berjalan  sama sekali atau boleh dikatakan kepengurusan SMF sebelumnya vakum," katanya.

 

Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Syariah yang baru dijabat Muhammad Yazid, Mahasiswa jurusan Akhwa Asy Syakhsiyyah (AS) yang dipilih oleh 24 orang utusan dari 6 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMP) yang terdapat di Fakultas Syariah.

 

“Jadi setiap HMJ yang ada di Fakultas Syariah masing-masing mengutus 6 orang peserta dalam pemilihan ketua senat, empat di antara enam peserta utusan masing-masing HMJ adalah peserta penuh, artinya merekalah yang berhak memberikan suaranya dalam pemilihan senat itu, sedangkan dua lainnya adalah peserta peninjau," ujar sekretaris panitia pemilihan SMF Syariah Arbik Frengki. 

 

Pada kesempatan yang sama, Muhammad Yazid mengatakan, "Program kerja kepengurusan senat akan kita bicarakan sewaktu rapat pengurus nantinya. Setidaknya pada masa awal kepengurusan kami akan menjalin keserasian antar pengurus senat dan mahasiswa serta antar sesama pengurus,".

 

Menyinggung soal ketua senat yang lampau, pria yang biasa disapa Yazid ini mengatakan tidak tahu proses kepemimpinannya seperti apa. “Kalau tentang kepemimpinan senat yang lampau saya tidak tahu persisnya seperti apa. Kita menilai tidak efektif kalau semua program kerjanya tidak berjalan," tutup mahasiswa semester enam ini.

 

Setelah pelantikan ketua dan pengurus SMF Syariah ini, mahasiswa pun berharap adanya sebuah perubahan baru dalam tubuh setiap organisasi di Fakultas Syariah.

 

"Kebetulan saya ikut dalam acara pelantikan ketua dan pengurus senat tadi dan saya lihat adanya suasana baru di fakultas ini, apalagi pada tahun ini adalah untuk pertama kalinya senat dilantik oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) dan menurut rencana dari SK Senat akan dikeluarkan oleh DEMA dan SK HMJ akan dikeluarkan oleh senat. Dari cara seperti ini akan ada pola struktur yang terkendali dan berjenjang seperti yang dikutip dari PR III tadi," kata Eko Susmadi, Ketua HMJ Menejemen Perbangkan Syariah (MPS) periode 2011-2012.

 

Tidak jauh berbeda dengan harapan Eko Susmadi , harapan yang sama juga dikatakan oleh Nur Mardiah mahasiswa Fakultas Syariah jurusan Muamalah. “Harapan saya agar ketua dan pengurus senat yang baru bisa menjadi wadah penampung aspirasi kita sebagai mahasiswa Fakultas Syariah dan program kerjanya juga lebih baik lagi walaupun kami tidak tahu tentang program kerja pengurus senat sebelumnya seperti apa,” ujar mahasiswi yang memiliki senyum manis ini.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: