Berita Salingka Kampus


WR III: IPK Bukan Aspek Utama Mendapatkan Pekerjaan

Salingka Kampus | Senin, 11/03/2019 00:05 WIB | Elfina (Mg)

Suarakampus.com- Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang diperoleh mahasiswa hanya

Suarakampus.com- Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang diperoleh mahasiswa hanya berada di urutan ke 17 dari 20 aspek penilaian dalam interview kerja, sedangkan penilaian utama adalah kepiawaian dalam berkomunikasi. Pasalnya, kepiawaian seseorang dalam berkomunikasi akan berpengaruh terhadap cara bekerja seseorang tersebut.


"Cara agar seseorang tersebut piawai dalam berkomunikasi adalah dengan berorganisasi, karena ketika berorganisasi bisa mengasah segala soft skill dalam diri kita," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama UIN Imam Bonjol Padang, Ikhwan saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus LPM Suara Kampus, Sabtu (9/3).


Selain menyinggung IPK dan komunikasi yang lihai, Ikhwan mengatakan bahwa mahasiswa perlu berorganisasi untuk mengasah kemampuan softskill pada setiap diri mahasiswa. “Kuliah saja tidak cukup, berorganisasilah,” ucapnya.

 

Ia juga mengutarakan saat mahasiswa masuk ke dunia kerja nantinya, hal yang paling utama dinilai berapa banyak keahlian yang dimiliki oleh pelamarnya. “Kalau hanya kuliah saja, kita hanya akan hebat di akademik saja, tidak dalam keahlian,” tuturnya.


“Teman kuliah saya dahulu IPK nya tinggi, tapi karena tidak ada berorganisasi hanya kuliah saja, susah dia mendapatkan pekerjaan,” ungkap Ikhwan sembari memberikan contoh.

 

Walaupun demikian, kuliah jangan sampai ditinggalkan juga, karena kewajiban mahasiswa adalah melaksanakan perkuliahan dengan baik. “Kuliah tetap jalan, jangan sampai ditinggalkan,” jelasnya.

 

Selain itu Ikhwan mengingatkan kepada pengurus baru yang dilantik untuk bisa serius dalam berorganisasi, buatlah pembaharuan dan lebih kreatif lagi dari kepengurusan sebelumnya. “Berevolusi lebih baik lagi dengan mencoba menerbitkan sebuah jurnal ilmiah adalah pembaharuan yang baik untuk LPM Suara Kampus,” jelasnya.

 

Di akhir kata sambutan, Ikhwan mengharapkan LPM Suara Kampus terbuka terhadap kampus, jika ada kendala dalam segala hal segera sampaikan. “Jika ada kendala, silakan lapor ke kami dalam bentuk proposal,” harapnya. (Lif)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait