Berita Salingka Kampus


FTK Adakan Bimbingan Karir

Salingka Kampus | Kamis, 14/03/2019 21:04 WIB | Elfina (Mg)

 FTK Adakan Bimbingan Karir

Suarakampus.com- Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Imam Bonjol (IB) Padang mengadakan bimbingan karir bagi calon wisudawan/i FTK. Kegiatan ini bertajuk "Strategi Memasuki Dunia Kerja melalui Bimbingan Konseling (BK)" di Gedung Serba Guna (GSG).

 

Pemateri dari Universitas Negeri Padang, Netrawati mengatakan calon wisudawan/i harus menguasai proses recruitment sebelum memasuki dunia pekerjaan. "Memantapkan keahlian, dan menyiapkan Curriculum Vitae serta bukti prestasi adalah hal yg harus diperhatikan," jelas dosen BK itu, Kamis(14/03).

 

Sambung Netra, keahlian yang disiapkan bukan hanya soft skill namun juga wawasan umum. Ia juga menyampaikan pengetahuan tersebut sangat diperlukan sebagai bahan argumen dan menolak opini orang.

 

Ia juga menegaskan, nantinya, jika telah wisuda nanti, tidak ada alasan untuk tidak belajar. "Pengetahuan itu perlu diulang dan diasah agar melekat di ingatan," tambahnya.

 

Ia juga mengatakam saat melamar kerja, pada tes wawancaranya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya, kepercayaan diri, komunikasi, ledearship serta stabilitas emosi.

 

Diakhir materinya, Netrawati mengharapkan calon wisudawan/i mulai mensurvey dan mempersiapkan segalanya. "Agar setelah lulus langsung mengaplikasikannya," harapnya.

 

Calon wisudawati jurusan Tadris Matematika, Gebrina Masri Novi mengatakan kegiatan tersebut membangun motivasi bagi calon wisudawan/i FTK UIN IB. Ia juga menuturkan dengan adanya bimbingan karir ini calon wisudawan/i bisa mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan.

 

"Saya harap calon wisudawan/i dapat mengaplikasikan materi yang diberikan dalam bimbingan karir ini," ujarnya. (vin)

 

 

 

 

 

 

 

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: