Berita Salingka Kampus


Mastuki: Guru itu Profesi yang Bagus

Salingka Kampus | Selasa, 13/03/2012 17:33 WIB | Riri M.Nur

Suarakampus.com-Kepala Kasubdit Kelembagaan Diktis Kemenag RI Dr. Mastuki, M.Ag berbicara tentang profesi guru di IAIN IB Padang. Ini berlangsung saat kuliah umum yang diselenggarakan Fakultas Tarbiyah,  di Gedung Serba Guna (GSG), Selasa (13/03).


Mastuki menyampaikan, guru merupakan profesi yang bagus. “Keguruan adalah lembaga keprofesian. Sebenarnya, guru itu profesi yang bagus. Tergantung bagaimana mahasiswa menyongsong persiapannya,” ujar Mastuki di hadapan civitas akademika Fakultas Tarbiyah.


“Kabar baik untuk Fakultas Tarbiyah, 2014 nanti mahasiswa tamatan Fakultas Tarbiyah atau keguruan tidak bisa langsung menjadi guru. Mereka harus mengikuti keprofesian selama satu tahun di Lembaga Peningkatan Tenaga kependidikan (LPTK),” katanya.


Menurut Mastuki, LPTK ini bertujuan untuk melahirkan guru dan tenaga pendidik yang professional. Sehingga nantinya akan diberikan tunjangan profesi yang memadai sesuai dengan profesinya.
“Tidak mudah menjadikan mahasiswa Fakulas Tarbiyah menjadi professional, karena banyak sekali syaratnya. Guru nantinya tidak lagi menulis di papan tulis. Proses pembelajaran akan disetting  sedemikian rupa menjadi proses pembelajaran yang mandiri,” ungkapnya dengan mimik serius.


Selanjutnya, Mastuki mengatakan, akan ada ujian agama bagi calon guru. “Nantinya juga akan diadakan ujian nasional Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk guru, sehingga guru tamatan perguruan tinggi umum tidak canggung mengajar di Madrasah,” ucap Mastuki dengan senyum manis di bibirnya.


Kata Mastuki, ini inputnya untuk memproses guru menjadi pendidik yang profesional sedangkan outputnya agar guru PAI atau tenaga pendidik professional di bidangnya.
“Guru atau tenaga pendidik harus mempunyai lima kompetensi sesuai dengan Undang-Undang, yaitu pedagogis, kepribadian, sosial, professional, dan saya menanbahkan satu lagi dengan Islamic contens,” ucapnya dengan senang hati.


Sebelum acara ditutup, Mastuki memberikan pengarahan dan kisi-kisi peluang kerja untuk setiap jurusan dan prodi di Fakultas Tarbiyah. Kemudian menutupnya dengan mengucap salam diiringi dengan tepuk tangan yang meriah dari semua hadirin.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: