Berita Salingka Kampus


Akreditasi UIN IB Tetap B

Salingka Kampus | Minggu, 24/03/2019 20:08 WIB | Neni, Arsyad, Ihsan

 Akreditasi UIN IB Tetap B

Suarakampus.com- Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merilis hasil akreditasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang. Hasilnya setelah dilakukan surveillance oleh tim asesor pada 22 Februari lalu akreditasi UIN IB tetap B.


Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Hetty Waluati menjelaskan setelah visitasi yang dilakukan tim asesor BAN-PT, UIN IB tidak memenuhi standar untuk memperoleh akreditasi A. "Agar memperoleh akreditasi A harus mendapatkan poin sebanyak 361, namun UIN IB hanya mendapatkan 350," katanya kepada tim suarakampus.com, Sabtu (23/03).


Hetty menerangkan indikator yang menyebabkan UIN IB tidak mengalami peningkatan akreditasi, lima puluh persen dari seluruh program studi belum berakreditasi A, sistem informasi yang belum terintegrasi dan sistem perkuliahan yang belum terintegrasi dengan sistem informasi. "Kita bisa mengukur keadaan kampus saat ini, kedepan kita berupaya untuk mengejar 11 poin lagi," terangnya.


Ia melanjutkan meskipun belum mendapatkan akreditasi A, UIN IB meningkat dalam perolehan poin 350 dari sebelumnya hanya 315 poin. "Setelah visitasi ini kita memiliki catatan untuk mengetahui baseline kita sebagai peningkatan kedepannya dan akan kita ajukan kembali untuk reakreditasi pada awal tahun 2021 mendatang," lanjut Hetty.


"Penilaian untuk perubahan akreditasi bukan dari tahun ini saja, namun penilaian dari empat tahun yang lalu, kita akui masih banyak indikator yang belum terpenuhi, mulai dari dokumen-dokumen yang belum terintegrasi dan terdigitalisasi yang baru kita mulai dan akan diupayakan secepatnya," jelas Hetty.


Hetty berharap semua civitas akademika dapat berperan aktif termasuk mahasiswa agar menyelesaikan pendidikan tepat waktu dan meningkatkan indeks prestasi kumulatif. "Mari bersama-sama berkontribusi dengan bekerja sama pasti kita bisa meraih tujuan,"harapnya. (Rga)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait