Berita Salingka Kampus


Emila Resti: Munaqasah Bikin Grogi

Ketegangan Munaqasah Fakultas Adab

Salingka Kampus | Kamis, 15/03/2012 12:12 WIB | Fanny (Mg)/Titi (Mg)

Suarakampus.com-Suasana sepi dan wajah killer para penguji menggambarkan ketegangan para mahasiswa peserta munaqasah jurusan Perputakaan Arsip dan Dokumentasi (PAD) Fakultas Ilmu Budaya-Adab IAIN Imam Bonjol Padang, Rabu (14/3).

 

Munaqasyah mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya-Adab jurusan PAD progam D III di ruang sidang Fakultas Adab terlihat menegangkan. Dalam ruangan tesebut munaqasah dibagi kepada dua kelompok, yang masing-masingnya terdiri dari tiga orang dosen penguji, dan ketua jurusan bertindak sebagai moderator.

 

Emila Resti, salah satu peserta yang telah melaksanakan munaqasah yang diwawancarai suarakampus.com, mengaku sangat tegang dan grogi. Menurutnya, penguji sangat profesional  dalam menanyakan setiap hal yang kurang jelas dari tugas akhirnya. Untuk mahasiswa PAD progam D III diwajibkan menyelesaikan tugas akhir atau sama dengan skripsi bagi prodam S I. “Persiapan yang saya lakukan telah maksimal, baik mental maupun pemahaman tehadap tugas akhirnya yang saya susun, walau hasilnya terdapat 30% perbaikan yang harus saya lakukan,” tambahnya.

 

Salah satu kelompok munaqasah yang terdiri dari tiga orang dosen penguji, di antaranya: Bpk. Zulfitri, Bpk. Asrir, Ibu Zulfitri, dan Bpk. Gusnarzaini sebagai ketua jurusan PAD, tersenyum ketika mahasiswa terdiam dan bingung menjawab pertanyaan penguji.

 

Selain peserta munaqasah, panitianya yang terdiri dari mahasiswa tiap-tiap jurusan di Fakultas Adab juga melakukan banyak persiapan, diantaranya menyiapkan snack untuk para peguji, persiapan ruangan, dan foto copy dokumen yang dibutuhkan para peserta munaqasyah.

 

Menurut salah satu panitia, acara ini berjalan dengan lancar dari awal sampai sekarang. peserta munaqasah dari Fakultas Adab seluruhnya ada 45 orang, darui jurusan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) 22 orang, jurusan Ilmu Informasi Perpustakaan (IIP) 20 orang, jurusan Perputakaan Arsip dan Dokumentasi (PAD) 7 orang, dan jurusan Bahasa Sastra Arab (BSA) 6 orang.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: