Berita Salingka Kampus


Pendaftaran UM-PTKIN UIN IB Telah Dibuka

Salingka Kampus | Senin, 15/04/2019 17:42 WIB | Lutfhi (Mg), Alvin (Mg)

SuaraKampus.com- Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) UIN Imam Bonjol Padang telah dibuka. Pendaftaran dimulai pada 2 April hingga 30 April 2019. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Zulfendri.


Ia mengatakan penerimaan mahasiswa jalur UM-PTKIN yaitu lulusan tahun 2017,2018, dan 2019 dari satuan pendidikan MA/SMA/SMK/Pesantren atau yang setara. Serta memiliki izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia.


Ia melanjutkan bagi lulusan 2017, 2018 dan 2019 harus melengkapi administrasi. Seperti harus mempunyai surat keterangan lulus/ijazah dari kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren. “Ijazah/surat keterangan lulus akan divalidasi sebelum pelaksanaan ujian,” ujarnya. Senin (15/04).


Bagi calon siswa/i yang akan mendaftarkan dirinya di UM-PTKIN, berikut ketentuan yang harus diikuti :

  1. Calon peserta mendaftar dan mengisi biodata secara online di www.um-ptki.ac.id hingga mendapatkan Slip Instruksi Pembayaran (SIP), Pusat Informasi Nasional (PIN) dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.

 2. Calon peserta melakukan pembayaran di Bank BNI atau selain Bank BNI  dengan ketentuan sebagai berikut:

-Melalui Bank BNI/ BNI Syariah, pembayaran dapat dilakukan diseluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking, keagenan Bank BNI, BNI Syariah dengan menunjukkan/ memasukkan nomor SIP.

-Selain Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke virtual account BNI melalui kantor pos atau Bank manapun seluruh indonesia yang mendukung transfer antar Bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor virtual account BNI anda.

  3. Peserta mendapatkan bukti pembayaran. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak bisaditarik dengan alasan apapun.

  4. Peserta melanjutkan pendaftaran online di www.um-ptkin.ac.id dengan memasukakn nomor SIP dan Pin untuk memilih kelompok ujian, program studi, l okasi ujian dan tipe ujian (CBT atau PBT) hingga mencetak kartu ujian.

5. Mengikuti ujian CBT atau PBT di lokasi yang telah di tetapkan pada 28 Mei.

 

Zulfendri mengatakan hasil pelaksanaan ujian UM-PTKIN akan diumumkan pada 01 Juli, untuk siswa/i dianjurkan untuk mendaftar UM-PTKIN terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pendaftaran UM-PTKIN lebih dulu dibuka daripada pengumuman kelulusan dari SMA/MA/SMK/Pesantren.


“Jika pada 06 Mei sudah diumumkan kelulusan dari SMA/MA/SMK/Pesantren, maka siswa/i langsung mengikuti ujian dengan membawa surat keterangan lulus,” jelasnya. (nch)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait