Berita Salingka Kampus


UIN IB Padang Ikut Serta dalam KKN Terpadu Tuah Sakato dan Rumpun Melayu

Salingka Kampus | Kamis, 16/05/2019 17:15 WIB | Fachri Hamzah (Mg) Lisa Septi (Mg)

 UIN IB Padang Ikut Serta dalam KKN Terpadu Tuah Sakato dan Rumpun Melayu

Suarakampus.com- Berbeda dengan tahun lalu, Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Imam Bonjol Padang kali ini dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Reguler, Terpadu Tuah Sakato, dan Rumpun Melayu. Sebelumnya, jadwal pendaftaran dan seleksi KKN dibuka seminggu yang lalu hingga Selasa (21/05) mendatang. Rabu (16/05).


Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Masrial mengatakan bahwa pembagian KKN menjadi tiga ini merupakan program dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumatera Barat. "KKN Terpadu Tuah Sakato dan Rumpun Melayu merupakan program KKN yang baru," jelasnya.


Ia menjelaskan berbeda dengan KKN reguler, KKN Terpadu Tuah Sakato diikuti oleh gabungan mahasiswa universitas se Sumbar yang akan ditepatkan di Kabupaten Pasaman Barat sedangkan KKN Rumpun Melayu berlokasi di Muaro Bungo Provinsi Jambi dan juga ditambah mahasiswa dari Malaysia dan Brunei Darussalam.


"Setiap universitas akan mengirim 10-12 mahasiwa," jelasnya.

 

Masing-masing KKN dimulai dengan waktu yang berbeda, Reguler akan dimulai Senin (17/07-20/08), Terpadu Tuah Sakato Senin (10/07-10/08), dan Rumpun Melayu dimulai Senin(01/07-30/07).


"Masalah transportasi ke Muaro Bungo akan ditanggung pihak Universitas," jelasnya.


Masnal menambahkan sosialisasi kepada mahasiswa akan dilakukan ketika pembekalan KKN yang diadakan setelah ujian semester dan pengumuman kelompok KKN akan diumum pada Juni mendatang.


Salah satu mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat (PMI) menyampaikan agar pembekalan nanti mahasiswa bisa mengetahui kemampuan sehingga bisa ditepatkan di tengah masyarakat.


Ia berharap agar KKN Angkatan 45 ini lebih baik dari sebelumnya. "Lalu untuk mahasiswa bisa menjaga nama baik UIN Imam Bonjol Padang," harapanya.(aii)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: