Berita Sumatera Barat


Kritik Pembukaan MTQ Sumbar, Duski Samad: Pakaian Urang yang Awak Pakai

Sumatera Barat | Senin, 17/06/2019 17:42 WIB | Fachri Hamzah (Mg)

Prof Duski Samad

Suarakampus.com-Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 di Kota Solok tuai kritikan dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar Gusrizal Gazahar. Ia mengatakan pelepasan kembang api merupakan hal yang tidak lazim dilakukan untuk pembukaan acara bernuansa Islam.


Dilansir dari langgam.id Gusrizal Gazahar berpendapat, pembukaan MTQ tersebut hanya menggambarkan kemeriahan dan kemegahan. Namun, tidak pada esensi syiar Islam yang disampaikan dalam kegiatan tersebut.


“Saya tak menangkap pesan syiar yang ingin disampaikan melalui acara seperti itu. Apalagi kalau dikaitkan dengan Alquran al-Kariim,” tegas Buya lulusan Al-Azhar itu.


Senada dengan hal itu, Pakar Hukum Islam UIN Imam Bonjol Padang, Duski Samad mengatakan pandangannya, ceremony pada sebuah acara tidak diatur dalam Islam namun MTQ merupakan acara keagamaan sebaiknya dikemas dengan baik. "Seperti Salawat atau hal lain yang membangkitkan nuansa Islam," terangnya, Senin (17/06).


Ia melanjutkan, budaya seperti itu tidak ada di ajaran agama islam karena MTQ hal yang sakral. "Sekarang ibaratnya kita memakai budaya orang lain ibarat pepatah pakaian urang yang awak pakai," jelasnya kepada tim suarakampus.com diruangnnya.


"Kedepannya acara keagamaan sebaiknya dilibatkan Majelis Ulama Indonesia,  jangan hanya dijadikan sebagai aksesoris saja," tutup guru besar fakultas Tarbiyah dan Keguruan itu.(ann)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait