Berita Salingka Kampus


HMJ TBI Hadirkan Pemateri dari Inggris dalam Seminar Internasional

Salingka Kampus | Rabu, 19/06/2019 15:33 WIB | Elfina (Mg)

Suarakampus.com- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Imam Bonjol Padang gelar seminar internasional yang dihadiri oleh Sarjana Seni Universitas Exeter Inggris sebagai pemateri, Rabu (19/06).


Seminar yang bertema "Lets Overcome Anxiety in Speaking English and Move Foward with a Scholarship" menghadirkan tiga pemateri yaitu Dosen Bahasa Inggris Universitas Indonesia Rifki Oktaviandry, Anesia Noviliza mahasiswi Universitas Sheffield Inggris peraih beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Sarjana Seni Universitas Exeter Inggris Joshua Hicks.


Seminar diadakan di Gedung Serba Guna (GSG) UIN IB ini dikemas dengan Bahasa Inggris yang diterjemahkan oleh Dosen UIN IB Ulil Amri selaku pembawa acara.


Dalam materinya Anesia mengatakan untuk lolos beasiswa LPDP di luar negeri harus memiliki modal utama yaitu bisa berbahasa Inggris. "Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, itu adalah tuntutan utama untuk kuliah di luar negeri," sampainya.


Sedangkan Rifki menyampaikan cara mengatasi kecemasan saat berbicara Bahasa Inggris adalah belajar kreatif, berani meninggalkan zona nyaman dan berlatih ungkapan sederhana.


"Jika awalnya kita takut atau malu tinggal lah zona nyaman itu, mulailah dan jangan takut salah," jelasnya pada peserta seminar.


Senada denga Rifki, Joshua menjelaskan jangan sungkan untuk mempraktik jika bertemu dengan bule. "Karena mereka juga tahu kita sedang belajar, itu akan melatih keberanian dan kepercayaan diri ketika berbicara dalam Bahasa Inggris," jelasnya.


Ia juga menambahkan, memulai pembicara dengan bule harus diawali dengan senyuman. "Senyuman adalah bahasa universal yang berarti persaudaraan," tutupnya.


Salah seorang mahasiswa Jurusan TBI, Nurhakiki Putri merasa seminar ini sangat membantunya dalam meningkatkan kepercayaan diri dalam Bahasa Inggris.


"Ditambah lagi seminar dikemas dengan Bahasa Inggris, ini juga melatih kemahiran kita dalam memahaminya," katanya. (aii)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: