Berita Sumatera Barat


Dukungan Pemerintah Minim Terhadap Penyandang Disabilitas

Sumatera Barat | Sabtu, 29/06/2019 19:37 WIB | Putri Diana

 Dukungan Pemerintah Minim Terhadap Penyandang Disabilitas

Suarakampus.com- Dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan dari kelompok minoritas dan penyandang disabilitas. Hal ini disampaikan ketua National Paralympic Commite (NPC) Abraham Ismed saat menjadi pemateri pada workshop on human rights reporting di Bunda Hotel Padang.


Ia memaparkan secara kontekstual penyandang disabilitas memang keterbatasan fisik, intelektual, mental dan sensorik. Tapi menurutnya penyandang disabilitas pada dasarnya adalah manusia.


“Kami juga manusia dan kita selama ini hanya perubahan kata saja mendengar kelompok minoritas,” ucap lelaki yang pernah mendapat bentuk diskriminasi HAM itu, Sabtu (29/06)

 

Abraham melanjutkan, dari Undang-undang nomor 8 tahun 2016 menjabarkan beberapa hak yang perlu didapatkan oleh kelompok minortitas dan penyandang disabilitas, namun Abraham menyebutkan hak primer dari undang-undang tersebut hanya hak untuk hidup dan hak rehabilitas. “Harusnya rehabilitas ini diletakkan pada poin pertama,” terangnya.


Menurutnya penyandang disabilitas bisa lebih mandiri dan mengembalikan kepercayaan diri, sehingga hal lainnya bisa terpenuhi. “Untuk rehabilitas membutuhkan dana yang besar, sayangnya dukungan pemerintah minim untuk ini,” keluhnya. (Nch)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait