Berita Sumatera Barat


Gubernur Sumbar Buka Secara Resmi Acara SAF

Sumatera Barat | Selasa, 20/08/2019 21:14 WIB | M. Ihsan Kamil

Gubernur Sumbar Buka Secara Resmi Acara SAF

Suarakampus.com-Memperingati HUT RI ke-74, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kebudayaan mempersembahkan Silek Arts Festival (SAF) 2019.Acara ini berlangsung di Taman Budaya  yang dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno.

 

 

Ia mengatakan, SAF merupakan bagian dari budaya yang perkenalkan ke tingkat nasional dan segera ditargetkan silek akan menjadi warisan dunia. Untuk itu, budaya  harus didokumentasikan. "Melalui acara ini kita dapat mengumpulkan koleksi-koleksi silek yang pernah di gelarkan," katanya.

 

"Mungkin dari acara yang pernah dilakukan masih ada sasaran-sasaran yang tak terkumpul," lanjutnya.

 

 

Silek Art Festival, dilaksanakan pada 19 hingga 30 Agustus mendatang, yang akan diselenggarakan diberbagai daerah di Sumbar, diantaranya Padang, Sijunjung, Kota Solok, Kota Payakumbuh dan ditutup di Kabupaten Agam.

 

Pada acara pembukaan, terlihat hadir sejumlah pimpinan kabupaten/kota yang berasal dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, OPD lingkup Sumbar dan Tuo-tuo silek.

 

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sri Hartini mengungkapkan SAF merupakan acara yang luar biasa yang dapat memperlihatkan warisan budaya yang ada. "Dengan ini, kita mempunyai cita-cita yang harus digapai agar silek diakui oleh dunia dan UNESCO," kata Sri.

 

“Semoga silek bisa menjadi kebanggan budaya yang ada di Indonesia dan menjadi warisan kebudayaan yang mendunia,” tutupnya.(ann)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait