Berita Sumatera Barat


Hati-hati dalam Menyebarkan Postingan di Media Sosial

Sumatera Barat | Minggu, 21/09/2019 21:10 WIB | Arina Salsabilla (Mg)

Hati-hati dalam Menyebarkan Postingan di Media Sosial

Suarakampus.com- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang berkolaborasi dengan Asosiasi Pers Mahasiswa (Aspem) Sumatera Barat adakan workshop dengan mengangkat tema Halfday Hoax Busting and Digital Hygine. Workshop tersebut dilaksanakan di lantai satu Gedung MKU A Universitas Negeri Padang.


Selaku Pemateri, Donal Meisel mengatakan pada era digital seperti sekarang ini sangat besar kemungkinan orang lain mengetahui data-data pribadi kita lewat internet. “Ketika kita menggunakan Internet, semua data pribadi akan tersimpan dan tidak menutup kemungkinan bagi orang lain untuk melakukan kejahatan terhadap data kita,jelasnya.


Ketika ingin membagikan lokasi pada postingan media sosial haruslah dengan kehati-kehatian karena kemungkinan orang lain dapat mengetahui keberadaan kita. Kata dia, jika kita ingin menambahkan lokasi pada postingan sebaiknya ada jeda waktu saat kita memosting dengan waktu saat kita berada di lokasi tersebut.


“Misalnya kita memosting foto dan menambahkan lokasi bahwa kita berada di Univeritas Negeri Padang, padahal foto tersebut di ambil tiga hari lalu,” tambah jurnalis TV One itu.


Selain bahayanya membagikan lokasi di internet, Donal juga menyampaikan pentingnya mengetahui kebenaran suatu informasi yang diperoleh di internet, apakah informasi itu hoaks atau bukan. “Ketika mengakses internet, kita juga harus paham apakah suatu informasi yang didapat adalah benar atau tidak,” ungkapnya kepada peserta workshop.


Donal menambahkan bahwa untuk melakukan pengujian suatu informasi, dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi suatu gambar atau video, jika informasi itu berupa data visual. “Kita dapat terlebih dahulu mengidentifikasi unsur-unsur yang ada pada visual tersebut mulai dari tulisan dan pengenalan tempat,” katanya.


“Saya berharap semua yang menghadiri Workshop ini, setelah keluar dapat membedakan mana berita hoaks dan mana yang bukan,” harapnya.(lif)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Banner Lima