Berita Salingka Kampus


Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Herman : Tingkatkan Rasa Nasionalisme

Salingka Kampus | Selasa, 01/10/2019 21:08 WIB | Fauziah Azima (Mg), Ikhbal (Mg)

Suarakampus.com-Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Selasa (01/10), dijadikan momentum untuk meningkatkan pemahaman dan pengalaman nilai-nilai Pancasila pada kehidupan  bangsa Indonesia.

 

Salah seorang dosen Pancasila UIN Imam Bonjol Padang, Herman mengatakan nilai pancasila harus melekat pada seluruh masyarakat kampus. "Dengan mengamalkannya diharapkan konflik akan berkurang," jelasnya.

 

"Mengimplementasikan nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari akan membangun nilai nasionalisme yang baik," lanjutnya.


Herman menuturkan penerapan nilai pancasila harus menyeluruh, mulai dari sila pertama hingga sila ke lima. "Jika total dalam penerapannya, maka nilai religiositas pasti kita dapatkan juga," tutur dosen Fakultas Adab dan Humaniora itu.

 

"Salah satu contoh penerapan di kampus ialah dari segi berpakaian dan pergaulan harus sesuai dengan nilai  agama," ujarnya.

 

Salah seorang mahasiswa, Pendra Rizki mengatakan bentuk mengingat hari kesaktian pancasila. "Salah satu bentuknya ialah melakukan upacara untuk memperingatinya," kata Pendra.

 

Selain itu, is menambahkan kesaktian pancasila membentuk kesatuan dan menjaga hubungan sosial. "Jadilah rakyat yang bisa menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila,"tutup Komandan Resimen Mahasiswa itu. (ann)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait