Berita Salingka Kampus


Direkat Semangat ADIA: FAH UIN Imam Bonjol Teken MoU dengan FAHUM UIN Sunan Ampel

Salingka Kampus | Rabu, 09/10/2019 20:09 WIB | Muhammad Nasir

Direkat Semangat ADIA: FAH UIN Imam Bonjol Teken MoU dengan FAHUM UIN Sunan Ampe

Suarakampus.com- Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Imam Bonjol Padang tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Fakultas Adab dan Humaniora (FAHUM) UIN Sunan Ampel Surabaya. Acara di dilaksanakan di Aula FAH UIN Imam Bonjol Padang, Rabu (09/10).

 

Kerja sama ini mecakup 3 bidang pokok dalam tridharma perguruan tinggi, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan-kegiatan kerjasama nantinya akan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan dalam tridharma tersebut.

 

“Sejatinya kerjasama antara kedua FAH ini sudah lama dan akan berakhir tahun 2020,” kata Dr. H. Yufni Faisol, M.Ag, Dekan FAH UIN Imam Bonjol Padang dalam sambutannya. Namun, kerjasama yang diikat dalam Memorandum of Understanding (MoU) itu dilakukan saat perguruan tinggi ini masih bernama IAIN Imam Bonjol Padang. Sementara perjanjian kerjasama antara FAH sudah ditandangani pada forum Asosiasi Dosen Ilmu Adab (ADIA) di UIN Raden Fatah Palembang, tahun 2017 yang lalu, demikian Doktor Bahasa Arab ini menjelaskan.

 

“Karena itu, mengingat pentingnya arti MoU dan Perjanjian Kerjasama bagi institusi, kita tetap tandatangani perjanjian kerjasama ini sebagai alas kegiatan yang akan diselenggarakan bersama di waktu-waktu mendatang,” papar Dekan lebih lanjut.

 

Sementara dalam kesempatan yang sama, Dr. Agus Aditoni, M.Ag., Dekan FAHUM UIN Sunan Ampel menyebutkan, kerjasama ini penting untuk meningkatakan kualitas kelembagaan Fakultas Adab dan Humaniora, baik untuk FAHUM UIN Sunan Ampel maupun FAH UIN Imam Bonjol.

 

“Lebih dari itu, tentu saja untuk mendorong kemajuan dalam bidang kajian ilmu-ilmu keadaban dan humaniora,” kata Doktor Fiqh Lughah asal Blitar ini. Ia juga mengatakan bahwa dewasa ini, kegiatan MoU dan kerjasama tak dapat hanya di atas kerja saja.

 

Tuntutan akreditasi sebagaimana dimaksud oleh Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0) justru menuntut bukti-bukti dokumentasi berupa kegiatan nyata yang dikerjasamakan. “Salah satunya, kerjasama dengan FAH UIN Imam Bonjol sekarang justru kita iringi langsung dengan kegiatan real, yaitu kuliah umum yang melibatkan ke dua belah pihak.

 

“Saat ini, FAH UIN Imam Bonjol Padang yang akan menjadi tuan rumah, FAHUM UINSA yang jadi pembicara. Selanjutnya, FAHUM UINSA yang akan jadi tuan rumah dan FAH UIN Imam Bonjol Padang dapat mengutus dosennya sebagai pembicara,” terang Agus.

 

Sementara Dr. Danil M Caniago, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menguraikan beberapa kegiatan yang dikerjasamakan, yaitu pertukaran Dosen, seminar bersama, kerjasama pengembangan jurnal, dan beberapa kegiatan yang terkait dengan pengembangan kemahasiswaan.(Nch)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait