Berita Salingka Kampus


Pengguna Gadget Harus Bijaksana

Salingka Kampus | Jumat, 01/11/2019 14:34 WIB | Santia Zaherni(Mg) Nur Fadilla Sari(Mg)

 Pengguna Gadget Harus Bijaksana

Suarakampus.com- Adiksi dalam bermain game terjadi karena ketidakmampuan pengguna membagi waktu. Hal ini disampaikan oleh pakar psikologi UIN Imam Bonjol Padang, Mardenny, Jumat (01/11). 


"Gadget diciptakan untuk mempermudah aktivitas manusia dan baiknya digunakan secara bijaksana," tuturnya.

 

Lanjutnya, Mardenny mengatakan bermain game hanyalah sebagai hiburan di sela waktu, jika sudah mengganggu rutinitas dan kehidupan sosial akan menimbulkan kerugian.

 

"Ketika seluruh waktunya diisi bermain game sampai menarik diri dari lingkungan berarti orang tersebut mengalami adiksi game," lanjut dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama ini.

 

Di akhir wawancara ia berharap pengguna bisa bijak membagi waktu antara bermain game dan rutinitas. "Jangan sampai diatur oleh gadget, gunakanlah untuk memenuhi kebutuhan terutama pengetahuan," harap Mardenny.

 

Seorang mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, David menyampaikan dirinya bermain game online untuk mengisi waktu luang dan hiburan setelah penat kuliah.

 

"Bagi saya game hanya untuk refreshing jika semua tugas perkuliah telah selesai," katanya.

 

Senada dengan David, menurut Ali Rahman dampak positif game bisa mengalihkannya dari hal negatif. "Jika kita bijak, maka kita jauh dari kerugian dari game," papar mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora ini. (aii)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait