Berita Salingka Kampus


Mahasiswa Harus Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila

Salingka Kampus | Jumat, 01/11/2019 20:43 WIB | Hungri S. Julta (Mg)

 

suarakampus.com- Pengamalan nilai-nilai pancasila sangat penting untuk diterapkan bagi mahasiswa dalam menumbuhkan pribadi yang baik. Hal ini disampaikan oleh Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Nasril.
Menurut Nasril, pengamalan nilai-nilai Pancasila diperlukan untuk menciptakan kehidupan bernegara yang baik, khususnya dikalangan mahasiswa. ""Pancasila harus diterapkan agar terciptanya keselarasan," jelasnya, Jumat (01/11).
Nasril melanjutkan, yang  dapat merusak pengamalan nilai-nilai Pancasila adalah sifat mementingkan diri sendiri. "Demi terciptanya kehidupan yang baik, sifat mementingkan diri dan kelompok itu harus dihindari," tambahnya.
"Pengamalan nilai pancasila ini harus dilakukan sejak dini dengan cara kontrol emosi dengan baik," tambah Nasril.
Mengenai itu, salah seorang mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fadhel mengatakan salah satu pengamalan pancasila dengan menegakkan ajaran agama. "Contohnya melaksanakan sholat berjamaah sudah menerapkan sila ke satu dari pancasila," katanya.
"Selain itu, bergaul dengan sesama mahasiswa dengan baik dan tidak membully teman menandakan sudah mengamalkan nilai pancasila yaitu persatuan dan keadilan," tutupnya.

Suarakampus.com- Pengamalan nilai-nilai pancasila sangat penting untuk diterapkan bagi mahasiswa dalam menumbuhkan pribadi yang baik. Hal ini disampaikan oleh Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Nasril.

 

Menurut Nasril, pengamalan nilai-nilai Pancasila diperlukan untuk menciptakan kehidupan bernegara yang baik, khususnya di kalangan mahasiswa. "Pancasila harus diterapkan agar terciptanya keselarasan," jelasnya kepada tim suarakampus.com, Jumat (01/11).

 

Nasril melanjutkan, yang dapat merusak pengamalan nilai-nilai Pancasila adalah sifat mementingkan diri sendiri. "Demi terciptanya kehidupan yang baik, sifat mementingkan diri dan kelompok itu harus dihindari," tambahnya.

 

"Pengamalan nilai pancasila ini harus dilakukan sejak dini dengan cara kontrol emosi dengan baik," tambah Nasril.

 

Mengenai itu, salah seorang Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Fadhel mengatakan salah satu pengamalan pancasila dengan menegakkan ajaran agama. "Seperti melaksanakan sholat berjamaah berarti sudah menerapkan sila ke satu dari Pancasila," katanya.

 

"Selain itu, bergaul dengan sesama mahasiswa dengan baik dan tidak mem-bully teman menandakan sudah mengamalkan nilai Pancasila yaitu persatuan dan keadilan," tutupnya. (ann)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait