Berita Salingka Kampus


Sejarawan UIN IB: Ruhana Kudus Berjuang Lewat Tulisan

Salingka Kampus | Jumat, 08/11/2019 17:34 WIB | Firga(Mg) Silfany(Mg)

Suarakampus.com- Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional ke

Suarakampus.com- Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi negara dalam Ketetapan Presiden (Kepres) no. 120/TK tahun 2019 tertanggal 7 November 2019. Salah satu di antara enam tokoh tersebut ialah tokoh wanita Minangkabau, Ruhana Kudus.


Selaku sejarawan Minangkabau Yulizal Yunus, mengatakan bahwa Ruhana merupakan salah satu pelopor pers Indonesia yang memberikan kebanggaan tersendiri bagi Minangkabau dan Indonesia tentunya. “Ruhana itu jurnalis wanita pertama dan apa yang dilakukannya merupakan prestasi yang cukup langka pada saat itu,” kata Dosen Sejarah Fakultas Adab dan Humaniora itu.


Wanita kelahiran Koto Gadang 20 Desember 1884 itu selain menjadi pelopor pers Indonesia, kata Yulizal, dia juga berpatisipasi dalam dunia pendidikan. “Ia mendirikan sekolah keterampilan khusus perempuan, Sekolah Kerajinan Amai Setia, selain itu juga merupakan jurnalis wanita pertama dan penggagas beberapa surat kabar,” terang Yulizal, Jumat (08/11).


Lanjut Yulizal, Ruhana pantas mendapatkan gelar pahlawan nasional karena perannya dalam melawan penjajahan melalui pendidikan dan tulisan. “Ruhana punya caranya tersendiri untuk membebaskan bangsanya dari penjajahan, yaitu lewat pendidikan dan tulisan yang membangkitkan nasionalisme,” tuturnya.


Yulizal berharap dengan ditetapkannya Ruhana Kudus sebagai pahlawan nasional, generasi muda saat ini dapat meneladani jejak beliau. “Semoga kedepannya lahirlah penerus Ruhana yang berjuang mealalui tulisan,” harapnya.


Selain itu, Yulizal menekankan bagi insan pers saat ini agar terus termotivasi oleh Ruhana Kudus dalam mengemban tugas sebagai pers. “Semoga untuk hari ini dan yang akan datang, muncul Ruhana Kudus yang baru dalam dunia pers,” tutupnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait