Berita Kota Padang


Koordinator Liputan Suara Kampus Jadi Pemateri di UKM Jurnalistik Broca

Kota Padang | Sabtu, 23/11/2019 21:19 WIB | Fachri Hamzah

 Koordinator Liputan Suara Kampus Jadi Pemateri di UKM Jurnalistik Broca

Suarakampus.com- Koordinator Liputan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Kampus, Alif Ilham Fajriadi menjadi pemateri di Pelatihan Jurnalitik Tingkat Dasar (PJTD) yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jurnalistik Broca. Pelatihan tersebut diselenggarakan di Gedung B Lantai IV Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Sabtu (23/11).

 

Alif mengatakan, dalam proses peliputan berita ada tiga aspek yang harus diperhatikan terlebih dahulu, seperti topik yang akan diliput, sudut pandang, serta membuat lis pertanyaan. “Sebelum terjun ke lapangan, tiga hal itu penting untuk kawan-kawan persiapkan,” ucapnya kepada Peserta PJTD itu.

 

"Misalkan kawan-kawan ingin mengangkat peran bidan dalam proses melahirkan, itu bisa menjadi topik berita yang akan diangkat, setelah itu baru tentukan sudut pandang dan buat lis pertanyaan," pungkasnya.

 

Dalam proses liputan, ada etika yang harus dipahami oleh wartawan, misalnya cara menghubungi narasumber. “Ini hal yang sulit untuk wartawan pemula, biasanya ia akan takut untuk menghubungi narasumber, lakukan saja dengan sopan dan lugas,” jelasnya.

 

Alif menuturkan, untuk meliput berita itu diperlukan kepekaan akan lingkungan sekitar, gunakan insting kewartawan. “Berita bisa ditemukan di lingkungan sekitar kita, pahami saja nilai-nilai berita, kawan-kawan pasti menemukannya,” tuturnya di akhir pemberian materi. (Lif)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code: