Berita Sumatera Barat


SMP IT Al Kahfi Laksanakan Pilketos Seperti Pemilu di Indonesia

Sumatera Barat | Rabu, 27/11/2019 19:01 WIB | Meilia Utami

 SMP IT Al Kahfi Laksanakan Pilketos Seperti Pemilu di Indonesia

Suarakampus.com- Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Al Kahfi Pasaman Barat menyelenggarakan Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Pilketos) secara demokrasi. Pemilihan telah berlangsung dari Senin-Rabu (25-27/11).

 

Ketua Panitia Faizah Hanifa menuturkan, konsep Pilketos sejak awal dirancang menyerupai pemilihan umum sungguhan yang diselanggarakan di Indonesia. "Pilketos telah dimulai pada  Minggu (17/11) lalu dari tahap pendaftaran calon ketua dan wakil yang lulus seleksi, debat kandidat, kampanye, dan masa tenang," katanya.

 

"Setelah beberapa tahap dilaksanakan, pada hari ini puncaknya yaitu pemilihan umum," tambah Faizah, Rabu (27/11).

 

Selaku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  SMP IT Al Kahfi Anggrila Putri menjelaskan, Pilketos yang dilaksanakan ini bagus untuk pembelajaran demokrasi bagi siswa. "Setidaknya usia yang belum mencapai 17 tahun mereka sudah mengetahui tahapan untuk pemilihan," jelasnya.

 

"Terlebih lagi sekolah juga bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum dalam pengadaan logistik seperti kotak suara dan bilik suara sehingga nuansa pemilihan umum terasa nyata," tambah Anggrila.

 

Ia menambahkan, seluruh siswa sudah di bekali ilmu untuk pelaksanaannya serta etika yang harus dijaga oleh masing-masing calon dan tidak boleh golput. "Dari Pilketos ini diharapkan mendaptakan pengalaman  dan pemimpin yang dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik," tutupnya.(ann)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait