Berita Salingka Kampus


Syofiardi Bachul Jb: Wartawan Harus Paham Kode Etik Jurnalistik

Salingka Kampus | Kamis, 28/11/2019 17:32 WIB | Ulfa Desnawati (Mg)

 Syofiardi Bachul Jb: Wartawan Harus Paham Kode Etik Jurnalistik

Suarakampus.com-  Ketua Majelis Etik Nasional Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Syofiardi Bachul Jb  mengatakan Hukum Pers dan Kode Etik Jurnalistik merupakan rambu yang harus dipatuhi oleh seorang wartawan. Materi ini disampaikan saat mengisi Pelatihan Jurnalistik Tingkat Madya yang diadakan oleh LPM Suara Kampus.

 

Ia menjelaskan, seorang jurnalis harus memiliki sikap kejujuran dan independen termasuk pers mahasiswa. Kebebasan pers meliputi jantung demokrasi, perumus agenda publik, jaminan regulasi dan profesi. "Jaminan kebebasan seorang wartawan adalah etika," katanya, Kamis (28/11).

 

"Pers yang bebas adalah bertanggung jawab terhadap pembacanya," lanjut Editor Koran Jubi Jayapura, Papua itu.

 

Lanjutnya, fungsi pers ialah mencari keinginan publik, sedangkan fungsi pers kampus seharusnya ikut merumuskan agenda kampus. "Seperti segala sesuatu yang terjadi di sebuah kampus, pers kampus harus mengetahuinya," lanjutnya.

 

Diakhir penyampaian Syofiardi Bachul Jb mengatakan, wartawan harus bersikap independen. Informasi yang disiarkan akurat, berimbang, jelas sumbernya, tidak mencapurkan fakta dan opini serta tidak beritikad buruk. "Seorang jurnalis tidak membuat berita bohong dan fitnah,' terang Jurnalis the Jakarta Post itu.

 

"Kemudian seorang wartawan harus memahami fungsi dari hak tolak dan hak jawab serta off the record yang sesuai dengan kesepakatan antara narasumber dan wartawannya," tutupnya.(ann)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Banner Lima