Berita Nasional


Novel Baswedan: Saya Takut Pada Akhirnya KPK Dibubarkan

Nasional | Selasa, 10/12/2019 01:58 WIB | Fachri Hamzah

 Novel Baswedan: Saya Takut Pada Akhirnya KPK Dibubarkan

Suarakampus.com-Pejabat yang mengatakan Revisi Undang-Undang Komisi Pemberatasan Korupsi (UU KPK) merupakan upaya memperkuat KPK adalah salah. Hal itu disampaikan oleh Novel Baswedan dalam diskusi memperingati Hari Anti Korupsi di Padang, Sumatera Barat.

 

Novel mengatakan, revisi terhadap UU KPK banyak menimbulkan kekecewaan masyarakat. "Jangankan masyarakat, saya sendiri sebagai penyidik KPK kecewa," ujar Novel saat menjawab pertanyaan dari salah seorang peserta diskusi, Senin (09/12).

 

Novel menjelaskan mengenai sejarah lembaga anti korupsi dari masa ke masa, kata dia. Pada masa orde lama ada panitia retooling, pada masa orde baru ada komisi empat, namun pada akhirnya dibubarkan.

 

"Saya takut hal yang sama terjadi juga dengan KPK," tutur penyidik senior KPK itu.

 

Selain itu, Novel  mengklarifikasi pernyataan politikus yang membandingkan pemberantasan korupsi di Indonesia dengan Korea Selatan, yang terbukti sukses dalam memberantas korupsi hanya dengan tindakkan preventif. "Tidak mungkin hal seperti itu diterapkan di Indonesia dengan tingkat kasus korupsi yang tinggi dan tata kelola yang buruk,” tegasnya.

 

"Semoga kepedulian terhadap pemberantasan korupsi di negeri ini selalu ada," harap Novel.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Banner Lima