Berita Sumatera Barat


Fakhrizal Dimutasi, Dekan Fisipol Unes, Sumartono: Dinamika Politik itu Biasa

Sumatera Barat | Rabu, 11/12/2019 15:05 WIB | Alif Ilham Fajriadi

 Fakhrizal dimutasi, Dekan Fisipol Unes, Sumartono: Dinamika Politik itu Biasa

Suarakampus.com- Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama bidang Sabara dan Baharkam Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri). Posisi Fakhrizal digantikan oleh Irjen Pol Toni Harmanto yang merupakan kawan seangkatan Kapolri Idham Aziz. 


Mutasi itu berdasarkan surat dari Kapolri bernomor ST/3229/XII/KEP/2019 tertanggal 6 Desember 2019.


Menanggapi hal tersebut, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Eka Sakti (Unes), Sumartono mengatakan, dalam suatu lembaga, misalnya di kepolisian, mutasi adalah hal yang lumrah.


"Kalau menurut saya biasa saja, normal saja dalam sebuah lembaga, lagi pula dia (Fakhrizal) sudah tiga tahun juga menjadi Kapolda Sumbar," ucapnya saat diwawancarai tim suarakampus.com via telepon.


Sumartono menjelaskan bahwa Kapolri memiliki wewenang untuk melakukan tindakan mutasi terhadap Fakhrizal. "Kapolri punya wewenang, mungkin dia menilai ada jabatan baru yang cocok untuk Pak Fakhrizal, bagi saya itu normal saja," jelas pakar Komunikasi Politik itu.


Berbicara mengenai Pilkada Sumbar di 2020 nanti,  tentunya ada hal yang menarik, kata Sumartono. Pasalnya petahanan tidak bisa ikut untuk mencalon kembali.


"Saya lihat, semua punya peluang, tak menutup kemungkinan Pak Fakhrizal," ucapnya Selasa (10/12).


Sumartono melihat, secara komunikasi politik jika merujuk kepada teori adaptasi interaksi, Fakhrizal sudah menentukan posisi awalnya. "Saya termasuk memberikan apresiasi, karena hanya Fakhrizal yang sudah memperlihatkan maju, itu langkah yang baik," pungkasnya.


"Dinamika dalam dunia politik itu hal yang biasa, harapan saya semua calon sudah mulai untuk berani menunjukkan dia akan maju, itu bagus untuk pendidikan politik di Sumbar," harapnya di akhir wawancara. (aii)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Banner Lima