Berita Sumatera Barat


Kriteria Pemimpin Sumbar, Jujur Merakyat dan Berintegritas

Hasil survei Aidinil Zetra, Akademisi Fisip Unand

Sumatera Barat | Jumat, 13/12/2019 23:54 WIB | Alif Ilham Fajriadi

 Kriteria Pemimpin Sumbar, Jujur Merakyat dan Berintegritas

Suarakampus.com- Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Unand, Aidinil Zetra membahas sifat dan kriteria pemimpin untuk masyarakat Sumbar lima tahun ke depan. Ia mengatakan, setelah melakukan survei, didapatkan hasil bahwa masyarakat Sumbar menginginkan pemimpin yang merakyat, jujur dan berintegritas. 

 

Hal tersebut, disampaikan Aidinil dalam Diskusi Publik Jaringan Pemred Sumbar (JPS) di Hotel Daima Padang, Jumat (13/12).

 

Aidinil menjelaskan, hal pertama yang dilihat masyarakat adalah jiwa kepemimpinan yang merakyat, setelah itu baru pengalaman, wibawa dan religius. "Hal yang disebutkan itu, adalah kriteria pemimpin yang diinginkan masyarakat, khususnya masyarakat Sumbar," jelasnya.

 

Ia juga mengatakan, butuh peranan dari civil society untuk mengawal agar Sumbar dapat pemimpin yang baik. "Peran sangat dibutuhkan, kalau tidak, masyarakat akan sulit menentukan pilihannya, mana yang baik dan mana yang tidak," ucapnya kepada peserta diskusi.

 

"Kita butuh pemimpin merakyat yang otentik. Sebelum dia memimpin dan saat memimpin tidak ada bedanya. Kalau tidak dikawal, masyarakat Sumbar akan terkecoh dalam memilih," tuturnya.

 

Diskusi ini juga menghadirkan pemateri Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy, dan Pemred Harian Singgalang, Khairul Jasmi, dengan moderator Abdullah Khusairi. (Lif)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Banner Lima