Berita Salingka Kampus


Korlip Znews.id: Jadi Jurnalis Profetik Harus Bisa Menarik Simpati

Salingka Kampus | Selasa, 24/12/2019 21:59 WIB | Elfina

 Korlip Znews.id: Jadi Jurnalis Profetik Harus Bisa Menarik Simpati

Suarakampus.com-Jurnalisme profetik merupakan jurnalisme yang berbicara soal kemanusiaan. Hal ini disampaikan kordinator liputan Znews.id Maifil Eka Putra, saat berdiskusi di Kantor Redaksi LPM Suara Kampus UIN Iman Bonjol Padang, Selasa (24/12).


Maifil melanjutkan, jurnalisme profetik disebut juga jurnalisme pemberdayaan atau kemanusiaan. "Karena kita menulis perihal kesusahan seseorang, dengan tujuan agar orang tersebut mendapatkan bantuan," lanjutnya. 


"Tugas utamanya adalah mengekspos keadaan orang-orang yang sedang membutuhkan bantuan, agar mendapatkan donatur yang bersedia membantu dari segi moral, materi maupun tenaga," jelasnya. 


Ia juga menambahkan, menjadi Jurnalis profetik modalnya hanya dengan pandai menulis. Namun harus bisa melihat apa yang tidak bisa dilihat oleh orang lain dari narasumber. "Tulisannya harus bisa menarik simpati orang lain, agar lebih mudah mendapatkan donatur, " tambahnya. 


"Meskipun untuk mencari dana, jurnalisme profetik tetap bekerja sesuai dengan kaidah jurnalistik, ya beritanya harus berimbang" tuturnya. 


Senior LPM Suara Kampus itu juga menerangkan, menjadi jurnalis profetik tidak ada titik jenuhnya karena mereka bekerja untuk kemanusiaan. "Setelah membuat berita kemanusiaan maka akan ada rasa bahagia karena orang akan terbantu oleh tulisan kita," tutupnya. 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus