Berita Sumatera Barat


Sosialisasi Perbankan dan Keuangan Syariah, OJK Gandeng MES Padang

Sumatera Barat | Senin, 30/12/2019 23:18 WIB | Redaksi

Suarakampus.com-Bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)  Kota Padang, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selenggarakan sosialisasi terkait Perbankan dan Keuangan Syariah di hotel Rocky Padang.  Senin, (30/12).

 

Sosialisasi dihadiri 200 peserta dari pelaku Usaha Mikro Kecil Masyarakat (UMKM) dan pengelola Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) berbagai tempat di kota Padang.

 

Kepala OJK Sumatera Barat, Darwisman mengatakan kota Padang merupakan wilayah dengan basis Syariah masih cukup rendah, sehingga OJK berkewajiban memberikan pemahaman lebih tentang Perbankan dan keuangan Syariah melalui sosialisasi dan Pelatihan.

 

"OJK terus berupaya mendorong pertumbuhan industri jasa keuangan syariah di Sumatera Barat terkhusus kota Padang. Antara lain dengan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan dan ekonomi syariah" katanya saat sambutan sekaligus membuka acara

 

Ia menambahkan bahwa sistem keuangan syariah di Indonesia dapat mendorong pembiayaan bagi masyarakat dengan tingkat perekonomian bawah dan menengah.

 

"Untuk kelompok masyarakat dengan tingkat perekonomian menengah atau yang dapat dikatakan sebagai lapisan bawah, nantinya akan terjadi lonjakan permintaan akan produk jasa keuangan syariah di Sumatera Barat ini" tegasnya

 

Selanjutnya Mahyeldi, selaku Wali Kota Padang saat memberikan materi mengatakan bahwa semua elemen baik pemerintah kota dan masyarakat harus bersinergi serta bekerjasama dalam meningkatkan UMKM kota Padang.

 

"Mari kita serius dalam membantu dan mendampingi usaha masyarakat kecil. Maka Peran UMK dan KSPPS harus kita perkuat baik kualitas maupun kuantitasnya" ungkapnya

 

Ia menuturkan, perkembangan sistem keuangan syariah harus dilihat sebagai bagian dalam rangka memperbaiki sistem akses keuangan di kota Padang. jika akses keuangannya baik, maka masyarakat bisa sejahtera dan mampu mengurangi kesenjangan.

 

Lebih lanjut, Ketua MES Sumatera Barat itu juga menjelaskan, jika pada saat ini masyarakat kelas menengah sudah mulai sadar akan pasar modal syariah. Ia juga melihat beberapa tren dari masyarakat kelas menengah kota Padang mulai menggunakan produk-produk keuangan syariah, seperti asuransi syariah.

 

Melihat keadan tersebut, ia mengajak agar para penyedia jasa keuangan syariah, termasuk perbankan syariah dan KSPPS untuk terus memberikan inovasi baru dalam produk-produk masyarakat Padang.

 

"Ayo perbanyak, tambah produk-produk keuangan syariah atau produk investasinya dan sebagainya. Jadi kedalaman pasar uang syariah menurut saya juga menjadi penting, sehingga dengan demikian dapat menjadi tempat bagi orang untuk melakukan investasi," terangnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Banner Lima