Berita Kota Padang


Aksi Kamisan Kota Padang Digelar Kembali

Kota Padang | Kamis, 23/01/2020 21:19 WIB | Fachri Hamzah

 Aksi Kamisan Kota Padang Digelar Kembali

Suarakampus.com- Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Aksi Kamisan Padang mengadakan aksi di Jalan Khatib Sulaiman, Simpang Presiden Kota Padang. Ini merupakan aksi kamisan yang ke 33 di Kota Padang dengan tema Berikan Ruang Aman Bagi Perempuan, Kamis (23/01).


Selaku koordinator aksi, Fajar menjelaskan aksi kamisan di Kota Padang sempat vakum beberapa Kamis disebabkan beberapa kendala .Namun dapat dihadirkan  kembali,  Aksi Kamisan merupakan sebuah aksi yang memperjuangkan keadilan terhadap korban pelanggaran Hak Asasi Manusia yang ada di Indonesia.


“Aksi Kamisan harus tetap hidup dan ada selama masih ada yang memperjuangkan HAM,” jelas Mahasiswa Bung Hatta itu.


Fajar juga melanjutkan, dulu di awal-awal, aksi kamisan Kota Padang ini diadakan di simpang DPRD Provinsi Sumatra Barat namun karena kurang efektif dipindahakan ke Simpang Presiden.


“Kalau di simpang DPRD Sumbar kurang ramai, sedangkan sasaran dari aksi ini adalah masyarakat dan juga kurang efektif karena terlalu sempit,” lanjut mahasiswa yang kerap disapa Bung Fajar.


Demisioner Presiden Mahasiswa Universitas Bung Hatta itu mengukapkan, tema kali ini berhubungan dengan maraknya kasus pelecehan seksual terhadap perempuan seperti kasus, Baiq Nuril dan tidak lama ini juga terjadi pelecehan terhadap Mahasiswi Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kota Padang saat Ujian Akhir Semester.


“Atas latar belakang itu kami mengangkat tema ini dengan tujuan untuk menuntut pihak kampus untuk mengadili oknum dosen dengan seadil-adilnya dan melindungi korban dari intimidasi pihak manapun,” tutupnya.


Salah satu masyarakat yang menyaksikan aksi tersebut Kris, mengatakan ia sangat mengapresiasi aksi tersebut karena yang mereka tuntut adalah sebuah keadilan. “Saya sangat salut dengan kaum muda yang mau memperjuangkan hak rakyat dan menuntut keadilan,” ungkapnya kepada tim suarakampus.com.


“Saya lihat aksinya juga tertib dengan membawa selembaran dan tidak mengganggu arus lalu lintas, itu yang terpenting,” tutupnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus