Berita Sumatera Barat


Mengangkat Seniman yang Dilupakan, Ladang Rupa Gelar Pameran Riset Oesman Effendi dan Kampung

Sumatera Barat | Minggu, 02/02/2020 11:26 WIB | Alif Ilham Fajriadi

Suarakampus.com-Komunitas Ladang Rupa yang bergerak di bidang kesenian dan kebudayaan gelar Pameran Riset Oesman Effendi dan Kampung. Pameran tersebut  digelar di Gedung Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Bukittinggi pada (3-9/02) mendatang.

 

Pameran tersebut mengajak publik untuk membaca hubungan antara Nagari Koto Gadang dengan pemikiran, sikap dan pandangan estetik dari Oesman Effendi. Krena, bagi Oesman Effendi kampung tidak hanya sekadar tanah kelahiran, tetapi adalah relasi yang harmonis antara manusia dan alam.

 

Ketertarikan Ladang Rupa mengangkat Oesman Effendi sebagai tokoh yang dipamerkan karena Oesman Effendi (OE) adalah sosok kontroversial yang pernah membuat heboh dunia seni lukis Indonesia. “OE pernah melontarkan pernyataan yang membuat heboh dunia seni lukis kala itu, OE mengatakan bahwa seni lukis Indonesia belum ada,” tutur kuarator pameran Hidayatul Azmi.

 

Ia mengatakan, pemikiran Oesman Effendi terhadap seni lukis di Indonesia patut untuk dikaji lagi. “Melalui pernyataan OE tersebut, ada banyak hal yang harus kita kaji lagi, untuk melihat dan mengetahui seni lukis di Indonesia itu dahulu seperti apa sih,” ucap wanita yang akrab disapa Ami itu. 

 

“Sekarang ini, OE sangat jarang dibahas, bahkan di bangku perkuliahan sekalipun, kami ingin membuat OE dikenal lagi, OE adalah tokoh besar di kesenian,” jelasnya kepada tim suarakampus.com, Minggu(02/2).

 

Selaku manajemen program Ladang Rupa, Ogy Wisnu mengatakan, Pameran Riset Oesman Effendi dan Kampung tersebut merupakan program tahunan dari Ladang Rupa. “Ladang rupa memiliki tiga program, yaitu program mingguan, bulanan dan tahunan,” ucapnya di sekretariat Ladang Rupa.

 

Ogy memaparkan pameran kali ini sangat menguras tenaga dan pikiran. “Di pameran kali ini kami lebih bekerja ekstra untuk meriset, karena namanya adalah pmeran riset, tentunya harus ada data yang mendalam untuk didapatkan,” papar Ogy.

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus