Berita Kota Padang


Aksi Kamisan ke-36, Tuntut RUU-PKS Segera Disahkan

Kota Padang | Jumat, 21/02/2020 00:25 WIB | Fachri Hamzah

Aksi Kamisan ke-36, Tuntut RUU-PKS Segera Disahkan

Suarakampus.com-  Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Aksi Kamisan Padang menuntut agar Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) segera disahkan. Aksi tersebut dilaksanakan di Jalan Khatib Sulaiman, Simpang Presiden kota Padang, Kamis (20/2).


Salah satu peserta aksi, Pram mengatakan aksi kamisan kali ini difokuskan pada kasus pelanggaaran HAM, kata dia, tuntutan tersebut dipicu dengan maraknya kasus pelecehan seksual yang dialami oleh mahasiswa di kota Padang.


"Negara dalam hal ini belum memberikan kepastian hukum yang jelas tentang pelecehan seksual yang terjadi di kampus," tutur Pram.


Ia melanjutkan, selain menyoal tentang kekerasan seksual, aksi kamisan kota Padang juga pernah menyuarakan kasus pelanggaran HAM dan lingkungan yang terjadi di Talang dan Simpang Tonang.

 

"Talang dan Simpang Tonang tidak hanya tentang perusakan lingkungan, tetapi juga banyak pelanggaran HAM yang dialami oleh warga di sana," kata dia kepada suarakampus.com.


Aksi Kamisan ini juga didukung oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang. "Aksi Kamisan di kota Padang sudah digelar sebanyak 36 kali, ini merupakan bentuk keseriusan kawan-kawan mahasiswa," kata Oji selaku anggota LBH.


Lanjutnya, LBH Padang akan berkontribusi terhadap segala kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. "LBH juga turut serta dalam kegiatan lain seperti melingkar malam kamisan," pungkas Oji.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus