Berita Salingka Kampus


Tantangan Revolusi 4.0, Ditjen Dikti Kemendikbud Tekankan Kualitas SDM

Salingka Kampus | Kamis, 27/02/2020 13:57 WIB | Ghaffar Ramdi(Mg), Felia Salsabila(Mg)

Tantangan Revolusi 4.0, Ditjen Dikti Kemendikbud Tekankan Kualitas SDM

Suarakampus.com-Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang gelar kuliah umum  dengan mengusung tema Revolusi 4.0: Tantangan dan Peluang Bagi Civitas Akademika UIN IB. Acara tersebut dilangsungkan di Auditorium Prof. Mahmud Yunus, Kamis (27/02).

 

Kuliah umum tersebut mendatangkan narasumber dari Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sofwan Effendi. “Ini adalah kuliah umum perdana yang diselenggarakan oleh UIN di semester genap ini,” sebut Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Firdaus ketika membuka kuliah umum.

 

Dalam materinya, Sofwan Efendi menyebutkan bahwa revolusi industri 4.0 merupakan sebuah keniscayaan dan fenomena yang sangat berpengaruh. “Karena revolusi  ini berhasil merubah secara besar dunia industri yang berimplikasi pada perubahan ekosistem dan tata cara kehidupan serta berimbas pula pada dunia pendidikan tinggi,” ungkapnya.

 

Lanjutnya, segala hal pada era 4.0 bergerak secara cepat dan instan. “Kita mengetahui saat sekarang ini sesuatu yang lambat bisa jadi cepat,biasanya bisa dikerjakan oleh manusia sekarang dikerjakan oleh alat teknologi dan itu merupakan tantangan bagi kita semua,” tutur Sofwan yang juga merupakan pengajar di Universitas Negeri Jakarta.

 

Selain itu, untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul kita juga bisa merujuk pada program Presiden Jokowi yang  lebih mengutamakan pendidikan karakter. “Seorang yang terdidik harus mempunyai karakter yang baik, karena jika hanya mengandalkan kepintaran saja tanpa karakter itu bukanlah ciri dari SDM yang unggul,” tambahnya.

 

Ia berharap agar civitas akademika khususnya mahasiswa mampu untuk menjawab tantangan pada masa selanjutnya. “Sebagai bangsa yang akan menikmati bonus demografi pada tahun 2045 nantinya, hendaknya kualitas SDM Indonesia lebih maju dan berkembang lagi,” harapnya.



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus