Berita Sumatera Barat


Dinas Kebudayaan Sumbar Gelar Workhsop Sastra

Sumatera Barat | Kamis, 27/02/2020 23:51 WIB | Fachri Hamzah

Suarakampus.com-Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) gelar Workshop Penulisan Cerpen dan Puisi. Workshop tersebut diselenggarakan di Gedung Kebudayaan Sumbar selama dua hari, Kamis-Jum'at (27-28/02).

 

Workshop tersebut merupakan program kerja Disbud dalam pengembangan sastra yang diikuti oleh 38 orang peserta. Acara ini diinstrukturi oleh Dosen Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Andalas Dr. Fadillah, M.Si yang juga merupakan seorang sastrawan Minangkabau.

 

Dalam materinya Fadillah menyampaikan bahwa meskipun karya sastra itu fiksi tetapi fiksi bukan berarti sebuah kebohongan. "Jika fiksi adalah sebuah kebohongan mengapa masih banyak orang membacanya sampai saat ini, dan Fakultas Sastra masih ada sampai sekarang," jelasnya, Kamis (27/02).

 

Ia melanjutkan, fiksi merupakan sebuah fakta yang diolah menggunakan akal dan rasa, kata dia, itulah yang membedakan antara karya sastra dengan karya ilmiah."Sastra pengolahannya dengan akal dan rasa,  sedangkan karya ilmiah hanya dengan akal tidak boleh ada rasa,"sebut alumni Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol itu.

 

Fadillah menambahkan bahwa sastra sendiri berasal dari filsafat, kata dia, filsafat merupakan ibu dari ilmu pengetahuan yang merupakan dasar dari segala ilmu pengetahuan. "Filsafat dan sastra itu tidak dapat dipisahkan," tuturnya.

 

Ia berharap kepada peserta workshop agar tetap selalu belajar dan menulis karya sastra. "Jangan pernah puas dalam menulis," sebutnya di akhir materi. (Ndt)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus