Berita Salingka Kampus


Kemenkumham Sumbar Beri Penyuluhan UU ITE Kepada Mahasiswa FDIK

Salingka Kampus | Senin, 09/03/2020 17:15 WIB | Santia (Mg), Rinta (Mg)

Kemenkumham Sumbar Beri Penyuluhan UU ITE Kepada Mahasiswa FDIK

Suarakampus.com- Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Barat (Sumbar) kunjungi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri Imam (UIN) Bonjol Padang (IB). Hal ini dilakukan dalam rangka penyuluhan hukum kepada Mahasiswa selingkup FDIK, Senin (09/03).


Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Kemenkumham dengan FDIK yang diselenggarakan di Aula Fakultas Dakwah. Dalam materinya Nursyahid menyampaikan pemahaman dan pengetahuan terhadap Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat.  


Nursyahid mengatakan, dengan memahami UU ITE dapat menciptakan rasa aman, keadilan dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara teknologi informasi. "Pemaparan tentang ITE diatur dalam UU Nomor 19 tahun 2016," tuturnya dalam ruangan Aula Fakultas Dakwah itu.


"Hal yang diatur dalam UU ITE seperti nama domain, hak kekayaan intelektual, privasi, perbuatan yang dilarang, penyelesaian sengketa, peran pemerintah dan masyarakat, penyidikan serta ketentuan pidana," lanjut Nursyahid.


Ia menambahkan, perbuatan yang dilarang dalam UU ITE yaitu melanggar kesusilaan, perjudian, pencemaran nama baik, pemerasan, menyebarkan berita bohong, serta menyebarkan rasa kebencian. "Bagi yang melanggar akan dikenakan sangsi selama enam tahun penjara atau denda satu miliar," lanjutnya.


Di akhir penyuluhan Nursyahid menuturkan, sebelum menggunakan internet tentukan terlebih dahulu apa yang akan diakses, hati-hati dalam mencantumkan identitas pribadi, hindari konten yang berbau pornografi serta hati-hati dalam memposting sesuatu. "Lakukan hal-hal tersebut agar terhindar dari bahaya yang merugikan diri sendiri maupun orang lain," tutupnya. (Saa)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus