Berita Salingka Kampus


Ormawa Selingkup UIN IB Galang Donasi untuk Penanggulangan Covid-19

Salingka Kampus | Senin, 30/03/2020 20:24 WIB | Firga (Mg)

Ormawa Selingkup UIN IB Galang Donasi untuk Penanggulangan Covid-19

Suarakampus.com-Organisasi Mahasiswa (Ormawa) selingkup Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang galang donasi untuk penanggulangan covid-19. Penggalangan dana ini dimulai pada Senin (30/03) hingga waktu yang tidak ditentukan.

 

Menteri Dalam Negeri Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) UIN IB, Farid menuturkan kegiatan ini melibatkan seluruh organisasi mahasiswa seperti Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), Senat Mahasiswa (Sema), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) selingkup UIN IB. “Kami juga berkolaborasi dengan alumni UIN IB dan pejabat-pejabat di Sumatera Barat,” katanya, Senin (30/03).

 

Farid menjelaskan, donasi ini ditujukan untuk pembelian alat perlindungan diri (APD) bagi tenaga medis, bantuan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta untuk pembuatan disinfektan dan handsanitizer. “Donasi ini diutamakan untuk keluarga Mahasiswa UIN IB yang perekonomiannya terpukul akibat covid-19 ini," katanya.

 

"Nanti masing-masing ormawa akan melakukan pnedataan untuk pembagian donasi nantinya," tambah Farid.

 

Kegiatan ini mendapat respon positif dari dosen dan pimpinan universitas. Seperti diungkapkan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Davi . Ia mengatakan donasi dapat juga sebagai bentuk upaya pendataan alumni UIN IB yang selama ini terabaikan. 

 

“Penggalangan dana menjadi pintu masuk kita untuk menghimpun potensi alumni yang selama ini terabaikan,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Ikhwan Matondang memberi aprsisasi terhadap kegiatan ini, kata dia, koordinasi antara kampus dan Ormawa juga telah dilakukan. “Kementrian Agama juga meminta agar membentuk satgas penanggulangan covid-19 di tiap-tiap kampus,” tukasnya.

 

Ikhwan berharap seluruh warga kampus turut berpartisipasi dalam penggalangan dana, agar apa yang telah direncanakan semula dapat terealisasi dengan baik. “Warga kampus diharapkan dapat berpartisipasi sesuai kemampuan masing-masing untuk membantu masyarakat yang terdampak covid-19 ini,” harap Ikhwan.

 

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada negara,” pungkas Ikhwan.(Ndt)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus