Berita Nasional


Darurat Covid-19, DPR Tetap Bahas RUU Omnibus Law

Nasional | Rabu, 01/04/2020 20:54 WIB | Nandito Putra

Darurat Covid-19, DPR Tetap Bahas RUU Omnibus Law

Suarakampus.com-Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tetap lakukan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law. Hal ini bertolak belakang dengan tuntutan publik agar pembahasan RUU Omnibus Law tidak dilakukan di tengah wabah pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia.

 

Seperti dilansir kompas.com, dalam rapat paripurna pada Selasa (30/03) lalu, DPR telah menyepakati bahwa pembahasan RUU Omnibus Law akan tetap dilaksanakan. "Perlu saya sampaikan bahwa DPR sesuai dengan fungsinya akan fokus pada pengawasan legislasi dan anggaran terkait pandemi Covid-19 untuk bisa membantu bersinergi dengan pemerintah," ujar ketua DPR, Puan Maharani di Gedung Parlemen, Selasa (30/03).

 

"Namun urusan Omninbus Law tentu saja akan kita bahas sesuai dengan mekanismenya," lanjut dia.

 

Menanggapi hal itu, Pakar Hukum Tata Negara, Feri Amsari mengatakan bahwa pembahasan RUU Omnibus Law di tengah wabah Covid-19 bisa dimanfaatkan oleh pencuri kesempatan. Sebab sebelumnya publik telah menyikapi RUU Omnibus Law dengan berbagai penolakan.

 

"Sepertinya para pencuri kesempatan sedang memanfaatkan keadaan," kata Feri saat dihubungi wartawan suarakampus.com, Rabu (01/04).

 

Feri melanjutkan, seharusnya DPR tidak melakukan tindakan yang kontra produktif dengan kepentingan rakyat, kata dia, kepentingan rakyat saat ini harus diutamakan ketimbang dibahasnya RUU Omnibus Law.

 

"Beberapa upaya yang kontra produktif dengan kepentingan masyarakat terus dijalankan, tindakan seperti ini kian memperlihatkan parlemen tidak sehat," tegas Feri. (Ndt)



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus