Berita Salingka Kampus


UIN IB Berikan Alternatif Selain Skripsi di Tengah Pandemi Covid-19

Salingka Kampus | Jumat, 01/05/2020 00:46 WIB | Ulfa Desnawati (Mg)

UIN IB Berikan Alternatif Selain Skripsi di Tengah Pandemi Covid-19

Suarakampus.com- UIN Imam Bonjol Padang berikan alternatif selain skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir yang akan lulus. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran Rektor B.759/Un.13/R/B.IV/PP.00.9/04/2020 tentang Pelaksanaan kegiatan Akademik dalam Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. 


Dalam surat tersebut menerangkan mahasiswa yang sedang melakukan penulisan dan pembimbingan tugas akhir, dapat menggantinya dengan penulisan artikel yang dipublikasikan pada jurnal terindeks di moraref, atau dengan penulisan buku ber-ISBN di bawah supervisi dosen pembimbing yang ditetapkan oleh pimpinan fakultas.


Selanjutnya, penulisan tugas akhir atau skripsi tersebut juga dapat dialihkan kepada penelitian berbasis online, studi literatur, studi media, ataupun dalam bentuk survei online atas persetujuan pembimbing dan ketua program studi. 


Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Hetty Waluaty menerangkan mekanisme dalam penyelesaian tugas akhir atau skripsi tersebut. "Pertama, mahasiswa memilih salah satu bentuk tugas akhirnya (skripsi/artikel/buku), selanjutnya ketika mahasiswa memilih, harus mendapatkan persetujuan pembimbing dan penetapan oleh pimpinan fakultas," terangnya. 


"Setelah itu, mahasiswa yang tetap memilih skripsi dapat mengalihkan kajiannya dari lapangan ke jenis lainnya, sedangkan untuk penulisan artikel dan buku akan melalui tahap penyeleksian oleh pihak editor sebelum dipublikasikan," sambung Hetty kepada tim suarakampus.com, Kamis (30/04). 


Hetty mengingatkan kepada mahasiswa tingkat akhir tersebut agar tidak menganggap enteng penulisan artikel dan buku. "Kerjakan dengan giat, sebab mempublikasikan artikel dan buku tersebut membutuhkan waktu yang lama," pungkasnya. 


Ia berharap agar kebijakan seperti ini dapat diterima dan memudahkan mahasiswa dalam situasi pandemi Covid-19. "Semoga proses penulisan tugas akhir tersebut dapat selesai dengan didukung oleh semua unsur yang saling bersinergi," Harap Hetty. 


Seorang Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan berinisial NA mengeluhkan pihak kampus yang tidak menjelaskan lebih rinci soal surat edaran tersebut. "Kami hanya menerima pemberitahuan tersebut di grup kelas, tanpa adanya tindakan lebih lanjut dari jurusan maupun fakultas," keluhnya. 


Mahasiswa semester enam itu berharap agar kebijakan tugas akhir dan skripsi tersebut, dapat dibantu oleh seluruh civitas akademika mengingat banyaknya kendala saat ini yang dialami mahasiswa. "Seperti dosen pembimbing yang tidak mempersulit mahasiswanya dalam berkomunikasi," tutupnya. (Rma) 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus