Berita Salingka Kampus


HMJ PAI Adakan Seminar Nasional Online

Salingka Kampus | Sabtu, 02/05/2020 23:52 WIB | Kartika Hasanah (Mg), Lyaqat Zhahierul Haq (Mg)

HMJ PAI Adakan Seminar Nasional Online

Suarakampus.com- Motivasi Surah Ad Dhuha untuk Kehidupan yang Lebih Baik Lagi, menjadi tema yang diusung oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Agama Islam pada seminar online, Sabtu (02/05). Acara tersebut diadakan via WhatsApp Group, dan diikuti oleh mahasiswa se-Indonesia. 


Pemateri pertama, Abdul Majid menyampaikan surah Ad Dhuha memiliki keindahan dan nilai lebih yang tidak semua orang mengetahuinya. "Surah ini banyak keindahan yang tersirat, oleh karena itu kita harus mengetahuinya," ucapnya. 


Majid menceritakan surah Ad Dhuha ini menjadi saksi bisu Rasulullah pernah bersedih teramat dalam, karena beberapa waktu beliau tak kunjung mendapatkan wahyu. "Kerisauan Nabi Muhammad SAW karena cukup lama tidak mendapatkan wahyu dari Allah SWT menjadi asbabun nuzul surat tersebut," tuturnya. 


"Oleh karena itu, turunnya surah Ad Dhuha ini menjadi penghibur dan motivasi kepada Rasulullah, juga bagi seluruh umat manusia," lanjut Majid. 


Lain halnya dengan Majid, pemateri selanjutnya Ayu Ratna Sari menjelaskan tentang dua simbol yang diinginkan oleh kebanyakan manusia, yakni kenikmatan dan karunia Allah. "Karunia Allah itu berupa perlindungan, pertunjukan dan kecukupan," jelasnya. 


Ia menekankan agar mahasiswa bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi kedepannya. "Renungi, sadari dan tindaki, itu kunci sukses kita sebagai agent of change yang always to be grateful for" ungkapnya.


Fari Sandi Zaren, selaku Ketua Umum HMJ PAI menyambut baik seminar online ini karena bertepatan dengan hari pendidikan Nasional. "Terlebih lagi acara ini mampu direalisasikan walaupun di tengah keterbatasan," katanya kepada tim suarakampus.com.


Ia berharap semoga seminar ini mampu menambah wawasan kepada mahasiswa, serta menjadi ajang silaturahmi antar sesama peserta di berbagai daerah. "Semoga mereka memperoleh ilmu yang positif dalam mengisi waktu luangnya," tutupnya. (Rma) 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus