Berita Nasional


Firliana Purnawati: Penanganan Covid-19 Abaikan Isu Gender

Nasional | Selasa, 19/05/2020 22:05 WIB | Nandito Putra

Firliana Purnawati: Penanganan Covid-19 Abaikan Isu Gender

Suarakampus.com-Partai Demokrat nilai program pemerintah dalam menangani covid-19 cenderung mengesampingkan kepentingan perempuan dan kaum marginal. Hal itu dikatakan oleh Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPP Partai Demokrat, Firliana Purnawati.

 

Firliana mengatakan bahwa kebijakan yang telah digulirkan pemerintah tidak menyentuh kepentingan perempuan yang bekerja pada sektor informal. “Saya melihat banyak isu gender yang terabaikan dalam keadaan pandemi ini,” katanya dalam diksusi online yang diselenggarakan Serikat Jurnalis Untuk Keberagaman (SEJUK), Selasa (19/05).

 

Ia mengungkapkan, pandemi covid-19 telah menambah beban perempuan dan kelompok rentan seperti lansia dan kaum difabel. “Pandemi telah mengakibatkan kalangan perempuan sangat termarginalkan, terlebih bagi mereka yang bekerja di sektor informal,” kata Firliana.

 

Fitriana melanjutkan, pandemi juga menambah beban bagi perempuan yang bekerja pada sektor formal yang melakukan work from home. “Bayangkan, ketika seorang perempuan harus bekerja dari rumah, namun secara bersamaan juga mengurus kebutuhan rumah tangga hampir 24 jam,” ungkapnya.

 

Selain itu, aktivis kesetaraan gender ini juga menilai program kartu pra kerja yang dicanangkan pemerintah sangat bias gender. “Kami sangat menyayangkan program ini belum mampu menyentuh kaum marginal seperti perempuan, lansia dan difabel,” sebut Politisi Demokrat itu.

 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus