Berita Salingka Kampus


Begini Kata Pakar Fikih UIN IB Terkait Salat Id di Tengah Pandemi

Salingka Kampus | Sabtu, 23/05/2020 17:25 WIB | Firga (Mg)

Suarakampus.com-Majelis Ulama Indonesia (MUI) Indonesia telah mengeluarkan fatwa kepada umat muslim untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah. Fatwa tersebut dikeluarkan guna mencegah penyebaran covid-19 yang semakin mengkhawatirkan. 


Menanggapi hal itu, Pakar Fikih Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Duski Samad mengatakan bahwa di tengah pandemi ini, fatwa melaksanakan salat Id di rumah adalah hal yang wajar. "Malah ini suatu keharusan kita menjaga keselamatan diri," katanya. 


Dijelaskan Duski, dalam ushulf fikih terdapat dua istilah yaitu hukum asal dan rukhshah (dispensasi hukum), ketentuan ini harus diketahui supaya proporsional dalam memahami fatwa hukum. "Salat Jum'at yang hukumnya wajib saja bisa dilaksanakan di rumah, apalagi salat sunnah seperti salat Id, karena ada rukhshah," jelas Ketua MUI Kota Padang itu saat diwawancarai wartawan suarakampus.com, Sabtu (23/05). 


Lanjutnya, perihal tata cara pelaksanaan salat Id di rumah tetap sama, yaitu didahului salat dua raka'at dan diakhiri dengan khotbah. "Pelaksanaan salat Id di rumah maupun di lapangan tetap sama, yang membedakan cuma tempat pelaksanaan dan jumlah makmumnya saja," sebut Duski. 


Selain itu, Ia mengharapkan kepada umat Islam untuk melaksanakan salat Id sesuai dengan situasi dan kondisi di daerah masing-masing. "Semoga kita dapat melaksanakan salat Id dengan baik walaupun di tengah pandemi ini,” pungkasnya. (Ndt) 



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



Suarakampus