Berita Salingka Kampus


Hasil Survei LPM Suara Kampus: Mayoritas Responden Tak Setuju Wisuda Online

Salingka Kampus | Senin, 01/06/2020 23:37 WIB | Firga (Mg)

Hasil Riset LPM Suara Kampus: Mayoritas Wisudawan Tidak Setuju Wisuda Online

Suarakampus.com- Rencana UIN Imam Bonjol (IB) Padang untuk menggelar wisuda ke-83 secara online tidak mendapatkan respon yang cukup baik dari para wisudawan. Hal ini tampak pada survei yang diadakan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Kampus terkait Pelaksanaan Wisuda di UIN IB saat Pandemi, Senin (01/06). 


Survei yang dihimpun beberapa waktu lalu, mampu mendapatkan responden sebanyak 553 wisudawan. Adapun 95,1% responden menghendaki pelaksanaan wisuda tersebut ditunda hingga keadaan normal. 


Dari survei tersebut, rata-rata responden menyatakan tidak setuju akan dilaksanakannya wisuda online di UIN IB. Lalu, mereka juga mengatakan banyak wisudawan nantinya akan terkendala jaringan, pelaksanaannya dirasa tidak berkesan serta wisuda online tersebut cendrung bersifat individu. 


Survei ini diadakan LPM Suara Kampus guna mengetahui tanggapan calon wisudawan terhadap rencana UIN IB menggelar wisuda online. "Tentunya, kami berkeinginan hasil survei ini akan berpengaruh terhadap penyelenggaraan wisuda nantinya," ujar Pemimpin Umum LPM Suara Kampus, Muhammad Ihsan Kamil. 


Walau begitu, survei ini ikut diapresiasi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Hetty Waluaty. Katanya, dengan adanya survei ini dapat menjadi wadah aspirasi para wisudawan menyikapi wisuda online tersebut dan pihak kampus ikut terbantu memperoleh informasi di lapangan. 


"Dengan senang hati, kami menerima hasil survei ini untuk menjadi bahan pertimbangan lebih lanjut di saat rapat pimpinan nanti," tuturnya kepada wartawan suarakampus.com, Senin (01/06). 


Lanjutnya, wisuda merupakan momen yang diimpikan oleh mahasiswa dan biasanya menjadi perayaan cukup meriah, tetapi dengan melihat situasi sekarang, tentu tidak mungkin pihak kampus menggelar wisuda secara normal. "Saya sangat paham dengan keinginan para wisudawan, namun dalam membuat suatu kebijakan tentu kami punya pertimbangan," ungkapnya. 


Hetty mengimbau kepada para wisudawan agar mampu berkomunikasi dengan baik dalam menyikapi keputusan pihak kampus. "Wisudawan/ti diharapkan bersabar menghadapi situasi pandemi, biasakan berpikir positif serta menyampaikan pendapatnya dengan bahasa yang sopan," pintanya. 


"Semoga sarjana UIN IB kali ini wisuda dengan mempunyai ilmu yang mumpuni, berakhlak islami serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas diri, keluarga, bangsa dan negara," tutupnya. (Rma) 

 

 

*berita ini diedit kembali pada Rabu (03/06), pukul 23:38



Isi form berikut ini untuk mengirim komentar anda terkait dengan berita ini!

Nama : (*required)

e-Mail : (*tidak akan di-publish)(*required)

Komentar : (*required)

Security Code:  



• Berita Terkait
Suarakampus